Telkom University Kembangkan AI untuk Dukung Teknologi Komunikasi Canggih Berbasis 5G dan 6G


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Telkom University (Tel-U) saat ini tengah mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) guna mempersiapkan teknologi informasi dan komunikasi canggih berbasis 5G dan 6G. Tel-U pun saat ini telah memiliki infrastruktur canggih berupa superkomputer DGX A-100 untuk mendukung pengembangan AI.

Perangkat superkomputer ini digunakan untuk dapat mengoptimalkan pengelolaan data yang berjumlah sangat banyak. Selain itu, DGX A-100 juga digunakan untuk proses pengembangan serta komputasi algoritma Ai yang digunakan.

Ketua Program, Suryo Adhi Wibowo menuturkan bahwa pengembangan riset AI ini didanai oleh Kedaireka, atau Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kampus pun telah menyiapkan program untuk dapat mendukung akselerasi Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial guna mendorong pengembangan teknologi berbasis 5G hingga 6G, dengan harapan dapat mengatasi masalah AI.

Telkom University dalam mendukung pengembangan teknologi AI ini juga menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi untuk riset di bidang AI, dengan membentuk Indonesian Artificial Intelligence Research Consortium atau IARC.

Program yang dipersiapkan sendiri, antara lain adalah percepatan talenta sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang AI, kemudian menghasilkan karya riset anak bangsa berbasis AI yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Menjalin kerja sama antara perguruan tinggi dengan industri diharapkan dapat memunculkan startup AI baru. Program ini juga bertujuan untuk mencetak talenta-talenta digital Indonesia yang unggul di bidang AI,” kata Suryo dalam keterangan tertulisnya, melansir dari Tempo.co, Selasa (26/7/2022).

Tim program akselerasi ini akan melibatkan peserta dari kalangan mahasiswa, dosen, hingga SDM dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Beasiswa Talenta Digital atau Digital Talent Scholarship. Sementara untuk pemanfaatan AI Center of Excellence diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan startup di bidang AI.


Bagikan artikel ini