Telkomsel Gandeng Huawei Cloud untuk Big Data dan FMC Telkomsel


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Perusahaan teknologi global, Huawei mengumumkan kolaborasinya dengan Telkomsel, penyedia layanan konvergensi terdepan di Indonesia, dalam mengadopsi strategi Multi-Cloud. Dukungan ini merupakan langkah penting dalam mendukung roadmap ambisius Telkomsel untuk memberikan layanan komunikasi dan jaringan terbaik bagi konsumen Indonesia.

Dalam inisiatif terbaru Fix-Mobile Convergence (FMC), Telkomsel memiliki tujuan besar untuk menyediakan layanan yang inovatif dan unggul. Huawei Cloud hadir sebagai mitra strategis yang menyediakan teknologi Enterprise Intelligence untuk mendukung implementasi FMC dengan performa tinggi, reliabilitas, dan cost-effective.

Keberhasilan inisiatif ini didukung oleh Huawei Cloud big data solution, yang memungkinkan Telkomsel mengelola data secara end-to-end dengan efisiensi tinggi. Teknologi Lakehouse dan arsitektur 'storage and compute decoupling' dari Huawei Cloud memberikan solusi yang tidak hanya mengurangi biaya operasional namun juga menjaga performa dan reliabilitas tinggi.

Dengan penerapan teknologi big data, Telkomsel akan dapat mengembangkan tata kelola data yang holistik dan menggabungkan kecerdasan buatan (AI) secara efisien. Hal ini memberikan wawasan lebih dalam pada permintaan dan ketertarikan pelanggan secara real-time, memungkinkan tim customer care untuk merancang program yang tepat dan efisien, meningkatkan pengalaman pelanggan.

Bharat Alva, Direktur IT Telkomsel, menyatakan kegembiraannya terkait kolaborasi ini. "Mengusung semangat untuk terus berinovasi, Telkomsel, sebagai leading convergence service provider di Indonesia, terus berkomitmen untuk dapat menghadirkan pengalaman digital terdepan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Telkomsel secara konsisten terus lampaui batas dalam mendorong kemajuan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi terkini melalui pendekatan multi-cloud. Kami terkesan melihat solusi-solusi yang ditawarkan oleh Huawei Cloud kepada kami, dan sangat antusias untuk melihat apa yang dapat dicapai melalui kolaborasi yang terjalin ini,"

Selain itu, Telkomsel dan Huawei Cloud akan bersinergi untuk membawa teknologi AI terbaru ke Indonesia, mempercepat proses digitalisasi. Kolaborasi ini akan menciptakan solusi AI berbasis skenario penuh, memberikan solusi inovatif yang dapat mendukung pengembangan ekosistem lokal dan memberikan manfaat teknologi AI kepada warga Indonesia di seluruh negeri.

Zeng Xingyun, Presiden Huawei Cloud APAC, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Telkomsel atas pemilihan Huawei sebagai mitra cloud "Terima kasih telah memilih Huawei sebagai mitra cloud. Huawei bertekad untuk berinvestasi di teknologi Cloud untuk mencapai visi Unleash Digital with Everything as a Service”.

"Kami berharap dapat memberikan pelayanan yang dapat diandalkan, aman, dan berkepanjangan untuk para pelanggan, mitra, dan developer kami, dengan semuanya diterapkan di atas Cloud.” tambah Zeng Xingyun.

James Zhang, CEO Huawei Cloud Indonesia, menekankan komitmen Huawei Cloud untuk menjadi pondasi terpercaya bagi perusahaan di Indonesia dalam menjalani transformasi digital. "Di Indonesia, Huawei Cloud bertujuan untuk menjadi pondasi yang dapat dipercaya para enterprise untuk melakukan transformasi digital. Melalui dukungan dari data center lokal, tim lokal, dan support lokal, kami membawa teknologi inovatif dan layanan premium dengan ekosistem yang luas bagi para pelanggan Indonesia. Suatu kehormatan bagi kami untuk bekerja sama dengan Telkomsel dan kami yakin dapat memberikan value yang lebih untuk Telkomsel melalui produk dan teknologi kami,” ucapnya.

Kolaborasi ini menjadi langkah positif menuju transformasi digital yang lebih luas di Indonesia, dengan Telkomsel dan Huawei Cloud membawa inovasi teknologi yang dapat memajukan sektor telekomunikasi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.


Bagikan artikel ini