Telkomsel Gandeng Peplink, Perkuat IoT dengan Koneksi 5G yang Lancar dan Aman


Telkomsel Logo

Ilustrasi Logo Telkomsel

Telkomsel dalam rangka memperkuat layanan internet of things (IoT) bagi pelanggan, jalin kolaborasi dengan perusahaan konektivitas Peplink. Hal ini pun dilakukan untuk memperkuat IoT Managed Service Connectivity sehingga bisa mendorong lebih banyak perusahaan untuk menjalankan operasional mereka secara online sepenuhnya dengan memanfaatkan cloud computing.

“Kolaborasi dengan Peplink penting untuk menghadirkan solusi komprehensif sesuai kebutuhan perusahaan yang mencakup otomasi, keamanan jaringan, hingga meningkatkan produktivitas,” kata Vice President Internet of Things Telkomsel Alfian Manullang dalam keterangannya, melansir dari SindoNews, Selasa (7/12/2021).

Sementara General manager Peplink Keith Chau menyampaikan, bahwa kerja sama antara Telkomsel dengan Peplink dapat menciptakan lebih banyak use case di pasar Indonesia. Telkomsel pun sejak tahun 2020 lalu telah memanfaatkan router SD-WAN kabel dan nirkabel dari Peplink untuk menyediakan konektivitas cepat yang dibutuhkan perusahaan, bahkan di lokasi yang sulit memperoleh jaringan stabil.

IoT Managed SD-WAN pun merupakan salah satu solusi end-to-end dari IoT Managed Service Connectivity Telkomsel, yang diklaim dapat memberikan kemudahan untuk integrasi serta operasional yang efisien bagi perusahaan secara real time dan disertai banyak fungsi spesifik.

Pada tahun 2021 ini, Telkomsel melakukan implementasi IoT Managed SD-WAN yang sudah didukung dengan perangkat Peplink dan sistem keamanan yang lebih andal. Bahkan, kemampuan baru ini pun sudah diimplementasikan di sektor perbankan melalui Bank BJB Syariah dan Bank Lampung.

Melalui dukungan lengkap seperti router 4G dan 5G, serta software yang disediakan oleh Peplink, konektivitas yang andal dan aman dapat mendukung berbagai organisasi dan perusahaan untuk menghadapi kondisi penerapan yang semakin menantang.

Kolaborasi antara Peplink dan Telkomsel juga membuka kesempatan yang lebih luas bagi Telkomsel untuk dapat menghadirkan SD-WAN yang didukung jaringan 5G pertama bagi segmen korporasi di Indonesia. Router SD-WAN dan teknologi konektivitas dari Peplink sendiri dirancang untuk memastikan kecepatan dan keandalan jaringan kabel maupun nirkabel.

Teknologi yang digunakan tersebut, adalah SpeedFusion. SpeedFusion akan menggabungkan beberapa jaringan WAN bersama-sama dan akan membuat pelanggan terlindungi dari gangguan jaringan ataupun lonjakan latensi selama menjalankan tugas penting seperti panggilan video, aktivitas loading data transaksi, hingga transaksi di tempat penjualan.

Hal yang menarik, adalah bahwa semua router dapat dikelola dari jarak jauh, dan dapat dilakukan hanya dengan satu layar tunggal di cloud. Pengelolaan jarak jauh yang mudah ini kemudian mampu menekan biaya operasional perusahaan.

“Telkomsel akan memperluas portfolio layanan IoT Telkomsel, khususnya IoT Managed Service Connectivity agar dapat menghadirkan solusi ke sektor yang lebih luas lagi seperti sektor energi, pertambangan, dan manufaktur,” pungkas Alfian Manullang.


Bagikan artikel ini