Telkomsel & Google Cloud: Hadirkan Inovasi Gen AI untuk Pelanggan


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Telkomsel, salah satu penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, telah meresmikan kemitraan strategis dengan Google Cloud dalam acara Mobile World Congress 2024 (MWC) di Barcelona pada Selasa, 27 Februari 2024. Kemitraan ini telah disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, menandai langkah penting dalam menghadirkan inovasi teknologi tingkat tinggi untuk pelanggan Telkomsel.

Transformasi Digital Melalui Gen AI

Kemitraan strategis antara Telkomsel dan Google Cloud bertujuan untuk mengintegrasikan Generative AI (Gen AI) ke dalam operasional perusahaan dan penawaran produk inti kepada konsumen dan bisnis. Langkah kolaborasi kedua belah pihak bertujuan untuk memperluas pemanfaatan berkelanjutan advertising tools Performance Max yang didukung artificial intelligence (AI) dari Google oleh Telkomsel.  Gen AI, sebuah teknologi kecerdasan buatan yang canggih, diharapkan dapat mentransformasi interaksi antara perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kepuasan pengguna, dan mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan.

Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menegaskan komitmen Telkomsel dalam mendukung operasional perusahaan dan meningkatkan pengalaman digital pelanggan dalam berbagai segmen, mulai dari business-to-consumer (B2C), business-to-business (B2B), hingga business-to-business-to-consumer (B2B2C). Langkah ini sejalan dengan visi Telkomsel untuk menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif yang mendorong pemberdayaan masyarakat Indonesia. Telkomsel berharap bahwa integrasi produknya dengan kapabilitas Gen AI dari Google Cloud yang canggih dan aman dapat membuka lebih banyak peluang akselerasi pertumbuhan ekonomi dan ekosistem digital Indonesia. 

Kolaborasi Telkomsel dan Google Cloud

Kerja sama antara Telkomsel dan Google Cloud tidak hanya berfokus pada integrasi Gen AI, tetapi juga melibatkan berbagai platform Google seperti Google Ads, Android, dan YouTube. Sebagaimana yang disampaikan oleh Derrick dalam rilis pers yang dikutip dari Kompas.com pada Rabu (28/2/2024), “Kerja sama tersebut juga melanjutkan kolaborasi Telkomsel dan Google di berbagai platform, seperti Google Ads, Android, dan YouTube." Hal ini menegaskan komitmen Telkomsel untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan Google dalam menghadirkan solusi-solusi yang memajukan industri telekomunikasi dan ekosistem digital Indonesia.

Selain itu, dukungan dari mitra Google Cloud, PT Metrodata Electronics (Metrodata) Tbk, menjadi tambahan nilai dalam upaya Telkomsel untuk memperluas kapabilitas dan meningkatkan pengalaman internal perusahaan.

Telkomsel juga sedang mengembangkan agen percakapan Gen AI yang terintegrasi dalam aplikasi Mobile Office Application and Automation (MOANA) dengan memanfaatkan platform Vertex AI dari Google Cloud dan model Gen AI. Aplikasi ini bertujuan menjadi pusat operasional bagi lebih dari 6.000 karyawan Telkomsel, memberikan dukungan real-time untuk mencari dan mengakses informasi internal, kebijakan perusahaan, permintaan cuti, dan layanan operasional kantor lainnya.

Telkomsel tidak hanya fokus pada integrasi Gen AI untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, tetapi juga berupaya meningkatkan kapabilitas perencanaan jaringan, pengembangan produk, dan tim penjualan melalui transformasi operasi jaringan yang didukung oleh Gen AI dari Google Cloud. Dengan analisis data dari menara seluler dan sistem fiber optic, Telkomsel dapat memberikan rekomendasi dalam bahasa alami, memungkinkan identifikasi lokasi dengan kesenjangan konektivitas secara cepat dan mudah. 

Langkah ini memungkinkan Telkomsel untuk melakukan ekspansi infrastruktur jaringan di masa depan dan merancang penawaran fixed mobile convergence (FMC) yang sesuai dengan segmen dan kebutuhan pelanggan, menggambarkan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan layanan dan inovasi dalam industri telekomunikasi.

Meningkatkan Layanan Pelanggan dengan Gen AI

Transformasi interaksi layanan pelanggan menjadi fokus utama dalam kemitraan ini. Telkomsel mengintegrasikan basis data perusahaan di Google Cloud BigQuery dan Datastore dengan Vertex AI Search untuk mempercepat pencarian bagi pengguna aplikasi MyTelkomsel dan myEnterprise dengan bantuan asisten pencarian Gen AI. Solusi ini menawarkan penggunaan bahasa alami dan hasil pencarian yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Solusi yang ditawarkan tidak hanya mencakup otomatisasi intuitif dan pemahaman bahasa alami, tetapi juga memberikan hasil pencarian yang disesuaikan dengan pola penggunaan individu. Dengan mengubah pencarian kata kunci yang kaku menjadi eksplorasi percakapan, pengguna aplikasi Telkomsel akan mendapatkan kontrol yang lebih besar dan menghemat waktu dalam navigasi aplikasi. Masalah atau kebutuhan umum yang dihadapi oleh pelanggan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat, menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih memuaskan.

Telkomsel bekerja sama dengan mitra Google Cloud, Devoteam, dalam mengembangkan solusi yang relevan dan efektif bagi pelanggan. Selain itu, Telkomsel juga menyediakan asisten pencarian klien korporat di myEnterprise dalam bentuk intelligent helpdesk. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengelola akun mereka secara proaktif dan membuat keputusan dengan lebih cepat, meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam operasi bisnis.

Tidak hanya fokus pada layanan B2C, Telkomsel juga berupaya meningkatkan layanan bagi pelanggan B2B. Bersama Metrodata, Telkomsel mencoba membuka peluang penentuan paket telko digital yang tepat, penghematan biaya operasional, dan perbandingan opsi produk secara instan. Selain itu, Telkomsel tengah mengembangkan sistem manajemen konten baru untuk layanan RCS Business Messaging (RBM) dengan memanfaatkan infrastruktur Google Cloud dan model Gemini di Vertex AI.

Integrasi ke layanan MyAds Telkomsel memungkinkan klien korporat untuk menggantikan pemasaran SMS berbasis teks tradisional dengan percakapan interaktif Rich Communication Services (RCS). Dengan dukungan konten teks, gambar, audio, dan video, pelanggan korporat dapat meningkatkan kualitas dan dampak kampanye pemasaran mereka.

Managing Director Southeast Asia Google Cloud, Mark Micallef, menyambut baik langkah Telkomsel dalam mengadopsi teknologi Gen AI untuk meningkatkan produktivitas dan personalisasi layanan. Kerja sama ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang untuk menerapkan teknologi tinggi dalam berbagai segmen industri, memperkuat ekosistem digital Indonesia, dan meningkatkan daya saing perusahaan di pasar global.

“Kami senang dapat terus berkolaborasi dengan Telkomsel dengan meluncurkan inovasi Gen AI untuk pelanggan di berbagai segmen. Semoga kolaborasi ini dapat menjelajahi lebih banyak cara menerapkan teknologi dan dampaknya di dunia nyata,” kata Mark. 

Kemitraan antara Telkomsel dan Google Cloud dalam menghadirkan inovasi Gen AI menjadi tonggak penting dalam transformasi digital perusahaan telekomunikasi Indonesia. Dengan integrasi teknologi tinggi seperti Gen AI, Telkomsel berkomitmen untuk meningkatkan layanan dan pengalaman pelanggan, memperluas kapabilitas operasional, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan ekosistem digital di Indonesia.


Bagikan artikel ini