Telkomsel Integrasikan Microsoft Azure OpenAI ke Asisten Veronika


Telkom Indonesia

Telkom Indonesia

Mendorong komitmen dalam mengedepankan prinsip customer centric di setiap inovasi produk dan layanannya, Telkomsel meningkatkan kapabilitas kanal layanan pelanggan asisten virtual "Veronika" dengan mengintegrasikan Microsoft Azure OpenAI Service.

Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel untuk mengakses ChatGPT dan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) serta machine learning. Kemampuan Veronika terbaru tersebut membuka peluang untuk hadirnya proses interaksi yang lebih natural dan intuitif dengan para pelanggan, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.

Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Danang Andrianto mengatakan sejak pertama kali dihadirkan Telkomsel pada tahun 2017, kanal layanan virtual Veronika berkomitmen untuk mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan informasi hingga transaksi produk dan layanan Telkomsel melalui fitur berbasis chatbot yang terus dikembangkan dengan memanfaatkan keunggulan teknologi Artificial Intelligence (AI). 

"Dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi AI terbaik yang menghadirkan kepandaian dalam memberikan solusi yang semakin akurat, serta pola interaksi yang lebih natural dan ekspresif," katanya.

Fiki Setiyono, Country Lead – Azure GTM, Microsoft ASEAN mengatakan integrasi Telkomsel dengan Azure OpenAI Service menghadirkan respons yang lebih baik dan kontekstual kepada pelanggan.

"Cara ini memungkinkan petugas customer care untuk lebih fokus pada pertanyaan yang memerlukan penanganan solusi. Dengan demikian, produktivitas petugas customer care dan tingkat kepuasan pelanggan pun dapat semakin meningkat," ujarnya.

Serangkaian bahasa pemrograman berbasis Natural Language Processing (NLP) dan machine learning yang kini diterapkan memungkinkan Veronika untuk merespon dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih natural.

Keunggulan fitur teknologi machine learning juga memungkinkan Veronika memahami kebutuhan atas produk dan layanan secara lebih mendalam, sehingga mampu menawarkan solusi yang sesuai dengan profil kebutuhan dan penggunaan pelanggan Telkomsel secara lebih spesifik.

Saat ini, kapabilitas Veronika yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) terkini dari Microsoft Azure OpenAI Service dapat digunakan di aplikasi MyTelkomsel. Pelanggan dapat mengunduh aplikasi MyTelkomsel dengan mudah di tsel.id/dlmytsel.

Danang mengatakan kehadiran teknologi Microsoft Azure OpenAI Service membuat Veronika dapat mengenali berbagai kata kunci, frasa, dan bahasa sehari-hari yang semakin lebih dipahami oleh pelanggan. Veronika juga mampu mengidentifikasi pola serta tren terkini, sehingga bisa melakukan prediksi berdasarkan pola-pola tersebut untuk membuat rekomendasi yang semakin mendekati dengan kebutuhan pelanggan.

"Melalui pemutakhiran ini, kami berharap pengalaman pelanggan ketika berinteraksi dengan chatbot Veronika menjadi lebih natural, personal, dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi unik setiap pelanggan,” tutup Danang.


Bagikan artikel ini