Telkomsel Jalin Kolaborasi dengan Jababeka, Andalkan Teknologi 5G dan IoT untuk Bangun Ekosistem Teknologi


Transformasi Digital

Ilustrasi Transformasi Digital

Telkomsel jalin kolaborasi dengan PT Jababeka Infrastruktur untuk membangun ekosistem teknologi yang mendukung industri dan perusahaan rintisan di kawasan Jababeka Silicon Valley (Correctio). Teknologi 5G dan internet of things (IoT) kemudian dimanfaatkan untuk pengembangan ekosistem teknologi tersebut.

“Mungkin kita sudah mendengar bahwa Telkomsel telah meluncurkan koneksi internet 5G, dan sebelumnya Telkomsel sudah memiliki IoT. Kedua unsur ini yang kami harapkan bisa menjadi fondasi untuk bekerja sama lebih jauh dengan Jababeka,” kata Vice President Enterprise Product Management Telkomsel, Hanang Setiohargo dalam acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Jababeka di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Hanang melanjutkan, bahwa Telkomsel sebagai mitra penyedia teknologi dan pengembangan jaringan yang mendukung visi Jababeka untuk membangun The Next Silicon Valley di Indonesia, telah membuka peluang lebih luas untuk berkolaborasi serta menjadi katalisator untuk industri dan perusahaan rintisan di kawasan Jababeka.

Melalui inovasi dalam pemanfaatan teknologi digital serta penyediaan beragam solusi pengelolaan manufaktur modern dan terdepan, Telkomsel yakin kolaborasi yang terjalin dengan Jababeka dapat mengakselerasi transformasi digital lintas sektor untuk mencapai industri 4.0.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director PT Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono mengatakan, bahwa tujuan dari kolaborasi bersama Telkomsel ini adalah untuk mendorong akselerasi transformasi industri 4.0 bagi para tenant serta industri di kawasan Correctio.

“Melalui sinergi bersama Telkomsel, Jababeka berkomitmen untuk membangun ekosistem teknologi berkelanjutan yang mampu menjadi solusi atas seluruh kebutuhan industri dan perusahaan rintisan di kawasan,” tutur Agung.

PT Jababeka Infrastruktur sendiri juga akan membangun kesadaran para penggiat industri mengenai pentingnya sistem digitalisasi. Hal ini guna mendorong efektivitas operasional perusahaan. Salah satunya, dengan mendukung layanan Telkomsel melalui berbagai aksi, seperti menampilkan solusi yang ditawarkan Telkomsel di Fabrication Laboratory (Fablab) Jababeka.

 Langkah ini kemudian juga menjadi aksi nyata Jababeka untuk mewujudkan proyek kawasan Correctio, pusat inovasi dan bisnis modern terpadu berbasis teknologi terbesar yang diyakini sebagai The Next Silicon Valley di Indonesia.


Bagikan artikel ini