Telkomsel Pamerkan Teknologi 5G Smart Mining dan Robot AI


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Telkomsel hadirkan showcase implementasi teknologi 5G dalam acara State-Owned Enterprise (SOE) International Conference 2022. Showcase ini menampilkan potensi transformasi ekosistem industri serta kapabilitas industri masa depan.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, bahwa showcase pemanfaatan 5G Telkomsel dalam SOE International Conference 2022 ini merupakan momen penting untuk menunjukkan bagaimana Indonesia melalui kolaborasi lintas BUMN dapat memimpin dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi global secara berkelanjutan.

“Maka dari itu, Telkomsel membuka peluang kemajuan dengan menghadirkan potensi transformasi ekosistem industri dan kapabilitas digital terbaiknya bersama Telkom Group, demi akselerasi kedaulatan digital bangsa dan dunia,” ujar Hendri dalam keterangan tertulis, melansir dari Detik.com, Jumat (21/10/2022).

Melalui acara ini, Telkomsel memamerkan pemanfaatan teknologi 5G untuk berbagai kebutuhan, mulai dari layanan kesehatan, transisi energi, hingga inklusi ekonomi melalui digitalisasi. Telkomsel kemudian mengangkat potensi transformasi ekosistem industri dan kapabilitas digital BUMN dalam pemulihan ekonomi global melalui showcase ini.

Telkomsel sendiri menghadirkan beberapa skenario implementasi teknologi 5G, seperti 5G Smart Mining dan 5G Artificial Intelligence (AI) Robot, sementara untuk use case utama Telkomsel mengusung beberapa teknologi sekaligus dalam 5G Smart Mining, yakni 5G in The Box, 5G Connected Worker, dan 5G Computer Vision.

Teknologi 5G Smart Mining tersebut kemudian dinilai dapat membuka peluang besar dalam transformasi digital, serta peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Tidak hanya 5G Smart Mining, Telkomsel juga menghadirkan use case untuk 5G AI Robot, yang merupakan robot dengan kemampuan menyerupai manusia. Robot berbasis AI ini mampu menyambut serta mengenali tamu yang hadir, menunjukkan potensi pemanfaatannya untuk pelayanan di berbagai industri.

Telkomsel kemudian berharap, acara SOE International Conference ini bisa membuka peluang kolaborasi yang bisa menghasilkan kebijakan terbaik. Selain itu, juga membantu seluruh delegasi untuk melangkah ke depan secara konkret dan pulih bersama lebih kuat.

“Mendukung terciptanya iklim perdagangan dan investasi nasional maupun global yang bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi global, Telkomsel memberikan dukungan pada pemerintah untuk menjadikan Indonesia salah satu kekuatan ekonomi terbesar pada 2030,” kata Hendri.


Bagikan artikel ini