Perluas 5G, Telkomsel Bidik Segmen Korporasi Hadirkan Solusi IoT


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Solusi layanan jaringan 5G dari Telkomsel tidak hanya menyasar segmen ritel, namun juga menyasar pada segmen korporasi. Maka bekerja sama dengan Schneider Electric, Telkomsel kemudian menghadirkan solusi 5G berbasis Internet of Things (IoT) untuk mendukung industri.

Dharma Simorangkir, Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan layanan 5G yang tepat guna. Melalui kerja sama ini pula, Telkomsel kemudian menghadirkan pemanfaatan teknologi 5G pertama untuk dunia industri Indonesia.

“Kami akan terus membuka ruang kolaborasi yang sebesar-besarnya bagi para pelaku industri lainnya yang ingin memanfaatkan solusi berbasis teknologi 5G untuk mengakselerasi transformasi digital perusahaan,” tutur Dharma melalui siaran pers, Selasa (15/6/2021).

Telkomsel sendiri menandatangani nota kesepahaman dengan Schneider Electric terkait pelaksanaan 5G trial joint collaboration sejak 7 Juni 2021 lalu, bersamaan dengan peluncuran 5G Telkomsel di Batam.

Pada kerja sama ini Telkomsel bersama Schneider Electric akan menjalankan beberapa program untuk memanfaatkan 5G dalam industri. Terdapat tiga hal dalam program pemanfaatan ini. Pertama, menghadirkan fitur live streaming virttual tour pabrik pintar Schneider Electric di Batam untuk para mitra global bisa mengunjungi pabrik pintar dari berbagai belahan dunia.

Kedua, menghadirkan teknologi Ecostruxure Augmented Operator Advisor yang merupakan penerapan augmented reality (AR) untuk dapat membantu teknisi dalam melakukan aktivitas pemeliharaan jarak jauh.

Hal ketiga adalah pengaplikasian sistem Ecostruxure Machine Advisor untuk menghubungkan perangkat sensor IoT dengan mesin papan pemantau manajemen kendaraan. Hal ini untuk dapat melakukan pemantauan pada proses produksi secara real-time.

Director Plant Electronic Schneider Electric Manufacturing Batam Kodrat Sutrahadiyanto mengatakam bahwa kerja sama yang terjalin dengan Telkomsel mendukung upaya Schneider Electric untuk dapat menjadi perusahaan yang terdepan di Indonesia.

Kodrat pun memastikan bahwa pihaknya menggunakan teknologi IoT terbaru yang didukung oleh EcoStruxure untuk operasional pabrik yang lebih efeisien, hemat energi, serta berkelanjutan dalam jangka panjang.

“Untuk itu, kami memilih Telkomsel sebagai partner yang terpercaya dalam mendukung upaya tersebut dan menyediakan solusi berbasis teknologi 5G untuk mengakselerasi transformasi digital pabrik pintar kami di Batam,” kata Kodrat.


Bagikan artikel ini