Telkomsel & Singtel Luncurkan Solusi 5G & Edge Cloud Computing


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Telkomsel, salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, dan Singtel, mitra sejawatnya dari Singapura, telah mengumumkan kolaborasi untuk memperkenalkan solusi Orchestration Platform 5G dan Edge Cloud Computing pertama di Indonesia. Melalui sinergi ini, Telkomsel Enterprise akan menyediakan akses yang lebih mudah kepada teknologi terkini kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia, yang menjadi tonggak dalam transformasi digital di berbagai sektor industri. Diantaranya adalah teknologi 5G, yang terkenal dengan latensi ultra-rendah, keandalan tinggi, dan kemampuan network slicing. Hal ini menjadi pondasi utama dalam perjalanan transformasi digital yang diupayakan.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, menyatakan kegembiraannya atas kolaborasi ini. "Kami sangat antusias berkolaborasi bersama Singtel untuk mengintegrasikan platform Paragon ke dalam rangkaian produk enterprise kami, sehingga Telkomsel Enterprise dapat menghadirkan rangkaian solusi konektivitas yang lebih luas dan holistik dalam mendorong percepatan adopsi 5G dan Edge Cloud Computing bagi para korporasi dan industri, terutama di bidang manufaktur, pertambangan, logistik, dan kesehatan dimana pemrosesan data berkecepatan tinggi dengan latensi rendah sangat penting," kata Wong Soon Nam dalam keterangan tertulis, Selasa (27/2/2024), yang dikutip dari detikInet.

Adapun keunggulan teknologi 5G, yang memiliki latensi ultra-rendah, keandalan tinggi, dan kemampuan network slicing, menjadi fondasi utama dalam transformasi digital yang diperjuangkan. Wong Soon Nam juga menekankan bahwa kolaborasi dengan Singtel memastikan kelanjutan roadmap transformasi digital Telkomsel dengan menghadirkan inovasi teknologi terkini.

"Kolaborasi dengan Singtel memastikan kelanjutan roadmap transformasi digital perusahaan dengan terus berinovasi dan menerapkan teknologi terkini yang akan memajukan industri telekomunikasi dan bangsa melalui solusi-solusi unggulan," sambungnya.

Platform orkestrasi all-in-one Singtel Paragon untuk 5G Edge Computing dan Cloud Services diharapkan dapat mengurangi kompleksitas operasional, sumber daya, dan biaya yang terlibat dalam mengelola layanan 5G dan edge computing. Dengan akses yang diberikan oleh Paragon, diharapkan akan memudahkan adopsi layanan multi-access edge computing (MEC) yang pada gilirannya membuka pintu bagi efisiensi dan inovasi bisnis.

Beberapa manfaat utama yang akan dinikmati oleh perusahaan Indonesia melalui kolaborasi ini antara lain:

  1. Network Slicing: Menghadirkan pengalaman konektivitas yang disesuaikan dengan kebutuhan layanan, memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi perusahaan dalam mengelola komunikasi dan data.
  2. Paragon Platform Marketplace: Menyediakan platform yang menawarkan berbagai solusi plug-and-play dalam keamanan siber, jaringan, dan konferensi video, memperkuat infrastruktur teknologi informasi perusahaan dengan cara yang lebih mudah dan efisien.
  3. Application Programming Interfaces (API) Library: Dengan komponen dan alat perangkat lunak pre-build, Paragon menyederhanakan proses pengembangan aplikasi baru bagi pengembang, mempercepat laju inovasi di berbagai sektor industri.
  4. Multi-cloud Management: Memfasilitasi penyebaran beban kerja di seluruh platform layanan cloud tanpa hambatan, memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan sumber daya komputasi.

Telkomsel tidak hanya berfokus pada penyediaan jaringan 5G sebagai solusi layanan, tetapi juga akan memanfaatkan platform Paragon untuk meluncurkan layanan Edge Cloud Computing (ECC). Layanan ini akan memberikan pelanggan akses ke komputasi dengan latensi rendah, GPU, dan penyimpanan, yang sangat diperlukan bagi aplikasi dan platform yang membutuhkan pemrosesan data berkecepatan tinggi untuk pengambilan keputusan real-time yang akurat. 

Selain itu, Telkomsel juga akan menghadirkan solusi fallback tanpa hambatan melalui platform Paragon, memastikan akses jaringan yang tidak terputus bagi pelanggan korporatnya. Langkah ini diharapkan akan meningkatkan ketahanan aktivitas bisnis bagi pelanggan korporasi yang mengandalkan layanan private network, menjaga kelancaran layanan dan konektivitas mereka dalam setiap kondisi.

CEO Digital InfraCo Singtel, Bill Chang, menegaskan komitmennya terhadap inovasi teknologi 5G dan edge computing sebagai upaya untuk memperkuat daya saing perusahaan secara global. Singtel, melalui Paragon, telah menjadi pelopor dalam revolusi ini dengan membuat adopsi teknologi 5G dan edge computing menjadi lebih mudah, cepat, dan terjangkau bagi perusahaan.

"Kemitraan terbaru ini akan memungkinkan kami untuk meningkatkan transformasi digital perusahaan di ekonomi digital terbesar ASEAN. Kami berharap dapat terus memperluas dan memperdalam keterlibatan kami dengan Telkomsel, untuk membawa inovasi yang lebih menarik ke Indonesia, regional, dan dunia," ujarnya.

Kemitraan antara Telkomsel dan Singtel ini merupakan bagian dari strategi Singtel untuk memperluas dampaknya di Asia Tenggara, terutama di Indonesia sebagai ekonomi digital terbesar di kawasan ASEAN. Selain Telkomsel, Singtel juga telah menjalin kemitraan dengan perusahaan telekomunikasi terkemuka di berbagai negara seperti AIS di Thailand, Chunghwa Telecom di Taiwan, dan Masmovil di Spanyol untuk menghadirkan teknologi terdepan ini ke pasar-pasar mereka.

Dengan demikian, kolaborasi antara Telkomsel dan Singtel dalam menghadirkan solusi 5G dan Edge Cloud Computing di Indonesia menjadi tonggak penting dalam mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor industri. Hal ini tidak hanya membuka peluang baru bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia tetapi juga meningkatkan daya saing Indonesia dalam kancah ekonomi digital global.


Bagikan artikel ini