Telkomsigma Menjamin Flou Cloud Sebagai Solusi Bagi UKM dan Startup


UMKM Digital

Ilustrasi UMKM Digital

Telkomsigma merupakan perusahaan solusi teknologi informasi dan telekomunikasi meluncurkan layanan komputasi awan FLOU Cloud yang dapat menjadi solusi dalam transformasi digital bagi startup sampai bisnis besar.

“Kami sangat percaya pada COVID-19 ini dunia sudah berubah, transformasi digital menjadi terakselerasi. Artinya, kita perlu satu platform dengan spectrum capability yang cukup lebar, mempunyai fleksibiltas yang sangat baik, harus sangat user friendly, mulai dari startup UKM, big enterprise, seperti industri finansial yang memerlukan keamanan yang tinggi. FLOU Cloud jawaban untuk semua itu,”ucap Bhimo Aryanto, CEO Telkomsigma dalam konferensi pers virtual, Rabu (02/12).

Dikutip dari antaranews.com, Bhimo meyakini bahwa FLOU Cloud dapat menjadi digital enabler untuk mendorong transformasi digital bagi seluruh industri, sehingga membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Layanan cloud tersebut diluncurkan untuk masuk ke market yang saat ini sangat besar. Terlebih di era pandemi ini semuanya harus serba digital, pasar cloud digerakkan dan sangat tumbuh signifikan.

“pada tahun 2020 ini saja, sesuai dengan survei, diresumekan bahwa market cloud itu dikisaran Rp 11 triliun untuk Indonesia, dan pertumbuhannya sangat menjanjikan, dan di penghujung 2024 kita akan mendapatkan besaran market yang cukup signifikan di Rp 24 triliun,” ungkap Tanto Suratno, Director of Business & Operation Telkomsigma.

Pertumbuhan ini merupakan awal bisnis yang menjanjikan. Meski pemain global telah banyak mengambil cukup besar porsi market, dia optimis layanan cloud dari Telkomsigma tersebut menguasai pasar Indonesia.

Tanto menyebut FLOU Cloud menyasar ke tiga customer prioritas. Pertama, customer segmen UMKM seperti startup, kemudian customer enterprise yang memiliki pertumbuhan penggunaan cloud cukup besar, serta pemerintah dan BUMN yang dia sebut memiliki spesifikasi khusus terkait dengan keamanan.

FLOU Cloud membawa tiga keunggulan, yaitu unlimited, relable, dan fast. Layanan cloud ini juga memiliki ketersediaan wide coverage network dengan spesifikasi high performance dan juga data center bersertifikasi internasional yang tersebar di Indonesia.

“Untuk menjamin cakupan yang luas, kita juga menjamin FLOU Cloud menggunakan data center yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang tentunya juga didukung oleh jaringan konektivitas yang dimiliki oleh Telkom Group,” kata I Wayan Sukerta, Director of Delivery and Operation Telkomsigma.