Telkomsigma Raih Penghargaan Frost & Sullivan


telkomsigma

Telkomsigma (PT Sigma Caraka), anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), merupakan perusahaan solusi teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia mendapatkan penghargaan dari Frost & Sullivan 2019 untuk kategori Indonesia Data Center Services Provider of The Year.

“Penghargaan 2019 Best Practices Award ini mengindikasikan kepercayaan terhadap konsistensi Telkomsigma dalam memberikan layanan terbaik dan manajemen operasi data center guna menjaga keamanan dan keberlangsungan operasional bisnis pelanggan,” ujar CEO Telkomsigma, Sihmirmo Adi, Rabu (27/11/2019).

Di usianya yang memasuki 21 tahun, Telkomsigma telah memberikan layanan data center bagi industri di Indonesia. Sejak 1998, PT Sigma Caraka merupakan perusahaan pertama yang terjun sebagai provider layanan data center dengan skema outsource yang berlokasi di Serpong. Sebelumnya bergerak di bisnis hardware. Telkomsigma memiliki tiga data center utama di Serpong, Surabaya dan Sentul. Selain itu juga mengelola 14 data center NeuCentrix yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia.

“Kepercayaan pelanggan merupakan faktor penting bagi kami, security dan reliability juga kesiapan sumber daya manusia profesional menjadi hal fundamental bagi Telkomsigma, sehingga kami menyediakan infrastruktur yang mampu menjamin value kepada industri di Indonesia," ujar Sihmirmo.

Layanan data yang diberikan oleh Telkomsigma tidak hanya mencakup colocation, DRC (Disaster Recovery Center) dan working room, namun mereka juga memberikan layanan backup/restore, batch process, dan remote/smart hands yang dapat dilakukan dengan set up firewall, konfigurasi, sirkuit testing, dan lain-lain.

Telkomsigma juga memberikan layanan untuk membantu perusahaan untuk monitoring dan mengendalikan aset jaringan, juga mengurangi latensi dan meningkatkan manajemen waktu dimana layanan ini disebut layanan cross connect.  Selain itu mereka juga memberikan layanan communication link dan SDN (Software Defined Network).

Telkomsigma melalui melalui layanan Data Center Professional Services akan mendukung perusahaan dalam melakukan data center assessment, konsultasi dan desain, konstruksi, sertifikasi, dan data center managed operation. Lebih dari 250 perusahaan telah memberikan kepercayaannya terhadap Telkomsigma yang memberikan jaminan keamanan data dan operasional bisnis.

"Kepercayaan pelanggan merupakan faktor penting bagi kami, security dan reliability, juga kesiapan sumber daya manusia profesional menjadi hal fundamental bagi Telkomsigma sehingga kami menyediakan infrastruktur yang mampu menjamin value kepada industri di Indonesia," lanjut Sihmirmo Adi.

"Atas dasar tersebut, kami (Telkomsigma) sangat berterima kasih kepada seluruh perusahaan yang telah mempercayai kami sebagai mitra IT untuk terus melakukan pengembangan bisnisnya," pungkasnya.

Layanan Telkomsigma sudah sesuai dengan standar data center tier berkelas internasional. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat Tier IV Construction Facilities dari Uptime Institute. Selain itu, data center Surabaya Telkomsigma juga menjadi pangkalan data satu-satunya di kawasan Asia Tenggara yang menerima Sertifikat Tier III TCOS Gold.  Tahun ini Telkomsigma siap mendukung baik dari sisi spesifikasi teknis dan SDM dalam kelola managed services operation pada rencana pembangunan data center Telkom Group seluas 6,5 hektare.

 


Bagikan artikel ini