Cloud Computing Indonesia Conference 2021

Telkomtelstra Bersama Cloud Computing Indonesia Gelar Kelas Belajar Container as a Service AKS Engine


Telkomtelstra

Ilustrasi Logo Telkomtelstra

Laksanakan rangkaian kegiatan Cloud Computing Indonesia Conference 2021, Cloud Computing Indonesia bersama Telkomtelstra menggelar kelas belajar secara daring dengan topik Container as a Service, berkaitan dengan AKS atau Azure Kubernetes Service.

Kelas belajar bersama pemateri dari Telkomtelstra ini merupakan kelanjutan dari dua kelas belajar sebelumnya yang juga bertema Container as a Service. Dua kelas sebelumnya membahas mengenai dasar docker dan kubernetes yang kemudian secara kontinyu dilanjutkan dengan AKS dan AKS engine di Azure dan Azure stack.

Container as a Service sendiri merupakan produk yang termasuk dalam portfolio Telkomtelstra yang berada di bawah pilar managed cloud services. Telkomtelstra bekerja sama dengan Microsoft dan merupakan penyedia layanan cloud dengan menggunana Azure stack sebagai platformnya,” tutur Imam Adiwibowo, Senior Technical Specialist Cloud & Collaboration Telkomtelstra membuka sesi, Jumat (26/3/2021).

Memperkenalkan portfolio Telkomtelstra, Imam menuturkan bahwa Telkomtelstra juga merupakan reseller untuk public cloud Azure yang data centernya dikelola oleh Microsoft, sedangkan untuk Azure stack dikelola oleh Telkomtelstra sendiri dan bekerja sama dengan bagian lain dalam grup Telkom Indonesia seperti Telkomsigma, Telin, dan Telstra.

Melalui kelas belajar mengenai AKS dan AKS engine ini, Imam selaku pemateri dari Telkomtelstra membahas materi mulai dari penjelasan umum mengenai AKS, arsitektur dari AKS, terminologi, hingga penyimpanan dan scaling untuk memanfaatkan fitur dari Azure Kubernetes Service ini.

“Memanfaatkan AKS, kita bisa melakukan deploy dan manejemen terhadap containerized applications dengan mudah. AKS merupakan solusi Kubernetes yang serverless dan dapat diintegrasikan dengan CI/CD dan dengan keamanan berstandar enterprise serta pemerintahan,” jelas Imam.

Imam melanjutkan penjelasan umum mengenai AKS, bahwa dalam pemanfaatannya pengguna tidak perlu khawatir mengenai keamanan, performance, serta kapasitas karena sudah memiliki standar enterprise dan pemerintahan. AKS kemudian bersinggungan dengan materi kelas belajar sebelumnya mengenai Kubernetes standar.

Kelas belajar mengenai AKS dan AKS engine berkaitan erat dengan kelas belajar sebelumnya mengenai Container as a Service, maka akan sangat baik untuk bisa menyimak materi sebelumnya mengenai docker dan Kubernetes standar.

Materi lebih lengkap bisa diakses melalui academy.cloudcomputing.id untuk dapat memperoleh modul kelas belajar yang sebelumnya sudah dilaksanakan dan menyimak materi melalui video. Selain itu, anda juga bisa melakukan assesment untuk pemahaman materi dari kelas belajar.