Penuhi Pertumbuhan Permintaan Digitalisasi, Tencent Cloud Luncurkan Internet Data Centre di Indonesia


Tencent Cloud

Tencent Cloud

Memperkuat komitmen terhadap perkembangan digitalisasi di Asia Tenggara, Tencent Cloud sebagai penyedia layanan cloud computing luncurkan Internet Data Centre (IDC) pertama di Indonesia. IDC Tencent Cloud sendiri akan memberikan layanan cloud yang lebih berkualitas bagi pelanggan di area Asia Tenggara, termasuk Aestron, Bank Neo Commerce, JOOX, dan WeTV.

Tencent Cloud mengumumkan pada Senin, 12 April 2021 untuk peluncuran IDC pertama mereka di Indonesia, semakin menegaskan komitmen mereka untuk kebutuhan bisnis yang terus berkembang di Indonesia dan Asia. Meluncurkan layanan cloud di area tersebut, Tencent Cloud juga memperkuat jejak digital mereka dengan peluncuran signifikan dari IDC.

Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pasar public cloud tercepat di Asia Pasifik dengan presentase 25 persen dan prediksi peningkatan ukuran pasar hingga USD0.8 milyar pada 2023, IDC baru di Indonesia akan diposisikan untuk dapat memenuhi kebutuhan layanan cloud di Indonesia dan area sekitarnya.

Berlokasi di Central Business District (CBD) Jakarta, IDC Tencent Cloud kini telah beroperasi secara penuh dan memenuhi akses backbone dan jaringan di seluruh penyedia layanan internet utama global dan Indonesia dengan menggabungkan border gateway protocol berkualitas tinggi dari Tencent Cloud.

Peluncuran IDC di Indonesia pun memungkinkan Tencent Cloud untuk lebih dekat dengan pengguna dan pelanggannya, serta mengurangi penundaan akses pada data dan aplikasi. Hal ini kemudian bisa membantu bisnis dan organisasi untuk mengakselerasi transformasi digital mereka serta membantu pelanggan memenuhi regulasi dan pemenuhan ketentuan.

Senior Vice President Tencent Cloud International Poshu Yeung menuturkan, bahwa Indonesia dengan populasi 270 juta jiwa dengan struktur populasi yang muda memiliki demografi internet yang sangat besar, sehingga pasar internet mobile pun bisa berkembang dengan pesat.

“Kami sangat senang untuk memgumumkan peluncuran IDC Tencent Cloud pertama di Indonesia dengan target untuk membantu secara penuh dalam mencapai puncak potensi cloud computing yang sangat menjanjikan di Indonesia,” kata Poshu Yeung dalam keterangan resmi, Senin (12/4/2021).

Poshu Yeung juga menuturkan bahwa pihaknya bangga dengan bagaimana IDC baru dari Tencent Cloud mencerminkan komitmen mereka untuk melihat kebutuhan bisnis saat ini dan masa depan di Indonesia dan Asia, bersamaan dengan penguatan jaringan global yang kini menghubungkan 27 wilayah dan 61 zona ketersediaan.

Keberadaan IDC baru ini akan mendukung kebutuhan yang semakin bertumbuh dari berbagai sektor industri, mulai dari layanan finansial, internet, e-commerce, hingga gaming dan edukasi. Termasuk didalamnya seperti Bank Neo Commerce (BNC), JOOX, hingga WeTV.