Bangun Infrastrukur IT, Tokopedia Manfaatkan Solusi Multi-Cloud Epsilon


Tokopedia

Tokopedia

Platform belanja online Tokppedia memilih menggunakan solusi cloud computing atau komputasi awan dari Epsilon guna mempermudah perusahaan untuk membangun infrastruktur IT yang aman di lingkungan multi-cloud.

Solusi untuk pengelolaan cloud computing dari Epsilon sendiri menghubungkan lingkungan produksi Tokopedia di Amazon Web Services (AWS). Google Cloud Platform, dan Alibaba Cloud melalui beberapa Cloud Connect dengan kecepatan tinggi dari jaringan privat Epsilon. Hal ini guna memenuhi kebutuhan komputasi awan dalam perusahaan unicorn ini.

Jaringan privat dari Epsilon sendiri kemudian menyediakan koneksi komputasi awan yang memiliki bandwidth tinggi di infrastruktur cloud milik Tokopedia. Cloud Connect kemudian menyediakan solusi yang fleksibel serta dapat dikembangkan Tokopedia untuk meningkatkan bandwidth mereka sesuai kebutuhan permintaan e-commerce.

Tokopedia melalui jaringan Epsilon juga dapat menghubungkan serta mengelola infrastruktur IT di lingkungan multi-cloud dengan ketersediaan dan kualitas pengalaman yang lebih baik. Selain itu juga menyediakan platform marketplace online aman bagi lebig dari 100 juta pengguna aktif bulanan dan 11 juta penjual.

“Kami memecahkan tantangan fundamental mengenai konektivitas komputasi awan yang sering melibatkan aspek manajemen, kinerja, dan keamanan, lalu dengan membangun koneksi langsung ke beberapa komputasi awan, kami memberikan solusi layanan yang lebih aman untuk infrastruktur jaringan Tokopedia yang tersimpan di komputasi awan,” jelas Warren Aw, Managing Director Epsilon Asia Pasifik dalam keterangan resmi, Senin (31/5/2021).

Warren juga menambahkan, dengan memberikan solusi lebih aman bagi Tokopedia untuk mengelola infrastruktur jaringan mereka di cloud computing, maka Tokopedia tidak perlu mengkhawatirkan infrastruktur jaringan tersebut dan bisa lebih fokus pada peningkatan layanan serta pertumbuhan bisnis mereka.

Solusi Cloud Connect dari Epsilon pun dapat dibangun dengan cepat menggunakan automasi dari Infiny, platform Network-as-a-Service (NaaS) milik Epsilon. Platform ini akan memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan ethernet yang saling terhubung dan koneksi langsung ke penyedia layanan cloud computing dan pusat pertukaran internet terkemuka dunia.

“Platform kami membantu para pelaku usaha lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas sembari menyediakan pengalaman belanja online yang mulus untuk mempermudah keseharian pengguna. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan pengalaman digital yang lebih baik, kami memerlukan sebuah solusi yang kredibel dan fleksibel untuk mengamankan dan meningkatkan performa konektivitas kami ke komputasi awan,” kata VP of Engineering Tokopedia, Ryan de Melo.

Ryan menambahkan, solusi konektivitas komputasi awan dari Epsilon kemudian memudahkan Tokopedia untuk mengakses penyedia layanan cloud pilihan Tokopedia secara langsung dengan routing layer 3 yang memenuhi kebutuhan Tokopedia.

Ryan pun berharap, kolaborasi Tokopedia dengan Epsilon dapat terus membantu pembangunan marketplace online Tokopedia yang andal bagi pelaku usaha dan seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, juga mendukung Tokopedia untuk mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.