Vale Indonesia Gunakan Private Network dan IoT XL Axiata


Ilustrasi Internet of Things

Ilustrasi Internet of Things (IoT)

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dalam rangka memasuki era industri 4.0 menjalin kolaborasi dengan XL Axiata Business Solutions sebagai penyedia layanan ICT terintegrasi. Kolaborasi ini berlangsung dengan implementasi intelligent mining yang berbasis private network dan teknologi internet of things (IoT).

Penerapan intelligent mining atau tambang pintar dengan teknologi IoT dan private network ini sendiri dilakukan untuk PT Vale Indonesia Tbk yang berlokasi di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. PT Vale Indonesia Tbk pun menjadi salah satu perusahaan tambang pertama di Asia Tenggara yang memanfaatkan teknologi private network untuk pertambangan.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto menjelaskan, private network merupakan konektivitas dengan karakteristik yang tidak dimiliki oleh banyak infrastruktur jaringan pada umumnya.

Private network sendiri disebut memiliki tingkat reliabilitas dan keamanan yang lebih tinggi, serta kecepatan yang juga tinggi sehingga sangat sesuai untuk diaplikasikan dalam kegiatan yang membutuhkan latensi rendah. Teknologi ini juga melingkupi area yangs angat luas serta mendukung perpindahan data antar area jaringan.

Private network sangat cocok di industri pertambangan. Perusahaan dituntut untuk meningkatkan tingkat produktivitas melalui otomasi, menurunkan biaya dengan adanya fleet management dengan teknologi IoT, dan juga meningkatkan keamanan karyawan. Karyawan tidak perlu pergi ke daerah yang berbahaya,” tutur Feby dalam keterangan resminya, melansir dari Kontan.co.id, Selasa (17/1/2023).

Private network kemudian juga memungkinkan perusahaan tambang untuk mengimplementasikan kendaraan otomatis, 360 situational awareness, geo tracking, fleet management, manajemen terprediksi serta mission critical communication.

Head of Enterprise Sales Nokia untuk ASEAN, Jonathan Goh mengungkapkan bahwa dengan dimulainya era industri 4.0, konektivitas kemudian menjadi landasan untuk digitalisasi di sektor pertambangan.

“Nokia bersama dengan XL Axiata menyediakan teknologi private wireless network untuk PT Vale Indonesia sebagai landasan untuk mengembangkan tambang digital yang penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan,” tutur Jonathan.

Selain itu, private wireless network untuk PT Vale Indonesia juga memiliki peran penting untuk meningkatkan keselamatan karyawan dengan teknologi suara dan komunikasi via video dalam menjalankan pertambangan.

XL Axiata sendiri saat ini telah mengimplementasikan sebanyak tujuh lokasi untuk PT Vale Indonesia yang mencakup lahan seluas 70.566 hektar di Sulawesi Selatan. Implementasi teknologi ini pun terus dikembangkan hingga akhir 2022 untuk mendukung pengawasan stok dan dokumentasi data produksi harian.


Bagikan artikel ini