Xapiens Perkenalkan Solusi Cloud Backup AvePoint


Ilustrasi Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Produk Microsoft 365 pada masa pandemi COVID-19 saat ini tidak dipungkiri telah banyak membantu operasional bisnis di tengah penerapan kerja dari rumah. Namun kemudian, masih banyak pengguna layanan yang kurang memperhatikan pentingnya melakukan backup untuk melindungi data mereka saat menggunakan Microsoft 365.

Sementara teknologi cloud computing atau komputasi awan yang digunakan bersamaan dengan layanan ini disebut dapat meningkatkan efisiensi, terutama dalam hal menghemat biaya operasional di dalam organisasi atau perusahaan. Upaya mengimplementasikan cloud pun sering menghadapi ancaman kejahatan siber dan regulasi terkait.

Wilayah Asia Pasifik sendiri telah mengalami peningkatan serangan siber hingga 168% dari tahun 2020 hingga 2021. Indonesia khususnya telah tercatat sebagai negara di wilayah Asia Pasifik yang mengalami serangan ransomware tertinggi kedua di dunia pada tahun 2021.

Maka untuk menjawab kebutuhan keamanan data di cloud ini khususnya bagi pelaku bisnis yang memanfaatkan Microsoft 365, PT Xapiens Teknologi Indonesia (Xapiens) bersama dengan AvePoint menggelar webinar bertajuk ‘Sustaining The Business with Smart Backup Solutions’ yang digelar secara daring pada Kamis (28/7/2022).

“Ada berbagai proteksi yang harus disiapkan perusahaan untuk dapat memastikan bahwa keamanan siber bersifat menyeluruh dan aman,” kata Muhammad Subhan, Chief Business & Marketing Officer PT Xapiens Teknologi Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Product Manager PT Xapiens Teknologi Indonesia I Putu Eddy Irawan mengungkapkan bahwa pada dasarnya penting bagi bisnis untuk memiliki proteksi yang tepat bagi permasalahan kehilangan data, serta rencana pemulihan untuk bencana yang tepat ketika ada risiko tidak terduga yang muncul.

“Inilah sebabnya mengapa semuanya berawal dari memiliki solusi backup data yang mumpuni, sebagai bagian dari kelangsungan bisnis perusahaan,” tutur Eddy.

Xapiens kemudian merekomendasikan solusi cloud backup dan  recovery AvePoint untuk pengguna Microsoft 365. Implementasi solusi ini sendiri memberikan beberapa keunggulan bagi perusahaan.

Keunggulan tersebut diantaranya adalah memperoleh backup yang menyeluruh terhadap aset-aset di Microsoft 365, seperti SharePoint Online, Exchange Online, OneDrive, dan sebagainya. AvePoint juga memiliki fitur backup otomatis sampai dengan empat kali dalam sehari, serta proses pemulihan data yang cepat hanya dalam hitungan menit.

“Perusahaan juga memiliki fleksibilitas dalam menentukan di mana backup data Microsoft 365 miliknya akan disimpan. AvePoint juga menyediakan Azure Storage, namun data tersebut juga bisa disimpan di private cloud maupun di data center vendor milik perusahaan,” tambah Eddy.

AvePoint juga menghadirkan keunggulan lain melalui fitur AvePoint Virtual Assistant (AVA), yang menjadi nilai lebih untuk solusi cloud backup ini. AVA dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dari sisi sumber daya. Tim IT kemudian juga dapat lebih fokus untuk melakukan pekerjaan lain, karena pengguna bisa langsung mengakses AVA secara mandiri untuk mencari data mereka yang hilang.


Bagikan artikel ini