XL Axiata & Cisco Bermitra untuk Dorong Pengembangan Layanan IoT


XL Axiata

Logo XL Axiata

XL Axiata, salah satu operator terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 57,5 juta pelanggan, telah menjalin kemitraan strategis dengan Cisco, pemimpin teknologi global, untuk mengenalkan Platform Manajemen Konektivitas IoT melalui Produk IoT Connectivity+ dari XL Axiata. Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk membantu pelanggan di Indonesia mengembangkan inovasi dan memperluas bisnis IoT mereka dengan aman.

Menurut Yessie D. Yosetya, Direktur dan Chief Enterprise Business serta Corporate Affairs Officer PT XL Axiata, pertumbuhan konektivitas IoT di Indonesia diperkirakan akan mencapai tiga kali lipat menjadi sekitar 404 juta pada tahun 2028, dengan konektivitas seluler menyumbang seperempat dari angka tersebut. Namun, implementasi IoT dalam skala besar sering dihadapkan pada kompleksitas yang tinggi, terutama terkait dengan keamanan siber dan manajemen perangkat yang bervariasi.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Produk IoT Connectivity+ dari XL Axiata, yang didukung oleh IoT Control Center dari Cisco, hadir dengan solusi terintegrasi untuk mengelola kebutuhan IoT yang berskala kecil maupun besar. Platform ini dilengkapi dengan kemampuan deteksi anomali menggunakan kecerdasan buatan untuk secara proaktif mengidentifikasi masalah perangkat atau konektivitas guna meningkatkan keandalan layanan.

Keamanan end-to-end yang disematkan dalam platform menjadi prioritas utama. Ini membantu bisnis melindungi pengguna, perangkat, dan infrastruktur mereka dari ancaman siber. Dengan fitur pemantauan perangkat secara real-time dan analisis data, bisnis dapat mengantisipasi penggunaan data atau konektivitas yang tidak biasa serta mengelola dan mengontrol biaya secara efisien.

Yessie D. Yosetya menyatakan, “Seiring dengan meningkatnya kebutuhan konektivitas di seluruh Indonesia, bisnis sekarang mencari cara untuk memperluas implementasi IoT dan mewujudkan berbagai jenis layanan IoT. Namun, mereka menyadari bahwa untuk berhasil di bidang ini dalam jangka panjang, mereka perlu memastikan dapat mengatasi kompleksitas yang terkait dengan implementasi IoT dan menjaga keamanan layanan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, mereka memerlukan platform yang user-friendly, mudah, memiliki skalabilitas yang baik, dan aman untuk membantu mereka mencapai tujuan tersebut. Semuanya dapat dicapai dengan menggunakan produk XL Axiata IoT Connectivity+. Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan Cisco untuk menawarkan solusi inovatif yang tidak hanya meningkatkan bisnis tetapi juga membantu mewujudkan visi kota pintar Indonesia secara berkelanjutan,”

Industri IoT Indonesia tengah mengalami pertumbuhan eksponensial sejalan dengan upaya mewujudkan konsep kota pintar. Dalam konteks ini, pengelolaan konektivitas IoT seluler secara massif menjadi kunci penting untuk merealisasikan visi tersebut. Kemitraan antara perusahaan-perusahaan teknologi seperti XL Axiata dan Cisco tidak hanya bertujuan untuk mendukung keberhasilan inisiatif kota pintar di Indonesia, tetapi juga menjadi landasan bagi perkembangan perangkat dan layanan IoT yang semakin maju, terutama dengan munculnya teknologi 5G dan inovasi-inovasi baru dalam dunia teknologi.

Masum Mir, Senior Vice President dan General Manager untuk Bisnis Provider Mobility dari Cisco Networking, menyampaikan, “Di Cisco, kami berkomitmen untuk membawa inovasi kelas atas kepada pelanggan sehingga mereka dapat memanfaatkan secara penuh kemampuan dari setiap teknologi. Populasi yang berkembang pesat di Indonesia dengan kebutuhan tinggi untuk penggunaan teknologi dan tendensi digitalisasi bisnis yang cepat, diyakini secara signifikan akan mendorong adopsi IoT. Dengan menggabungkan kemampuan jaringan seluler yang andal milik XL Axiata dengan IoT Control Center dari Cisco, kami bertekad untuk memajukan IoT di Indonesia, membuat layanan konektivitas IoT dapat diakses dengan mudah, aman, dan transformasional untuk semua jenis bisnis.”

XL Axiata memiliki tujuan untuk meluaskan manfaat layanan IoT mereka ke berbagai sektor pasar, termasuk produsen mobil terhubung, bank besar, penyedia utilitas listrik, solusi keamanan, dan manajemen armada.

Dengan demikian, kemitraan antara XL Axiata dan Cisco bukan hanya menciptakan peluang bagi pelanggan untuk memperluas inovasi mereka dalam layanan IoT, tetapi juga mendukung visi Indonesia sebagai negara yang mendorong transformasi digital di berbagai sektor industri. Dengan fokus pada keandalan, keamanan, dan skalabilitas, solusi ini diharapkan menjadi landasan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dalam era konektivitas IoT di Indonesia.


Bagikan artikel ini