XL Axiata Fokus Kembangkan IoT dengan Perluasan Jaringan NB-IoT


Gedung Xl Axiata

Ilustrasi Gedung Xl Axiata

PT XL Axiata Tbk berupaya untuk memperdalam penetrasi bisnis perangkat berbasis internet ataupun perangkat lain yang memanfaatkan Internet of Things (IoT). Hal ini pun dilakukan dengan menambah jumlah Base Transceiver Station (BTS) Narrow Band – IoT.

Menurut Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communication XL Axiata, perluasan jaringan ini dilakukan karena permintaan IoT yang juga meningkat dari masyarakat dan korporasi. Tri pun menilai, peningkatan permintaan juga didorong transformasi digital yang semakin cepat karena pandemi COVID-19.

XL Axiata dengan komitmen untuk mendukung perkembangan industri IoT serta eksosistemnya, meyediakan jaringan NB-IoT sebagai solusi konektivitas IoT yang andal. Selain itu, XL Axiata juga mengembangkan Lab-X-Camp (Rumah IoT) sebagai sarana dan wadah untuk berkumpulnya para pengembang, pembuat perangkat, serta pelaku industri IoT.

“Jaringan NB-IoT sudah dikembangkan di 35 kota di Indonesia, dan untuk 2021 ini akan terus diperluas ke kota-kota lain,” kata Tri, Rabu (6/1/2021).

Tri pun menambahkan, pandemi COVID-19 saat ini bisa menjadi peluang untuk mendorong agar IoT diadopsi lebih banyak lini bisnis. Hal ini karena IoT bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan pengalaman pelanggan, penghematan biaya operasional, hingga mendukung lebih banyak data untuk pengambilan keputusan.

“IoT bisa membuat usaha menjadi lebih efektif dan efisien. Selama pandemi hal tersebut sangat penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis, dan karenanya kami percaya IoT akan makin berkembang,” jelas Tri.