Dukung Kebutuhan Petani Jamur, XL Axiata Bangun Solusi IoT Mushtech


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

PT XL Axiata Tbk terus mengembangkan solusi berbasis teknologi internet of things (IoT) untuk dapat mendukung digitalisasi bisnis kecil dan menengah di masyarakat. Salah satu solusi IoT yang saat ini tengah dibangun oleh XL Axiata adalah Mushtech.

Mushtech merupakan solusi berbasis IoT yang dikembangkan oleh XL Axiata untuk membantu petani pembudidaya jamur tiram di wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Program inkubasi Akademi Madrasah Digital (AMD) yang diprakarsai XL Axiata dan Kementerian Agama RI menjadi ide yang mendasari pembangunan solusi IoT ini.

“Layaknya teknologi lain yang dibuat untuk memberi kemudahan bagi penggunanya, Mushtech ini pun dikembangkan dengan tujuan meningkatkan produktivitas sekaligus kualitas hasil panen jamur tiram,” kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangannya, melansir dari Antara Jateng, Selasa (27/9/2022).

Ia melanjutkan bahwa pada kumbung jamur tradisional, pemantauan kondisi lingkungan di dalam kumbung dan penyiraman umumnya dilakukan secara manual. Hal ini dilakukan dengan pengamatan secara langsung ataupun berdasarkan pada kebiasaan pola pemeliharaan yang dilakukan oleh petani.

Oleh karena itu, Mustech hadir sebagai solusi berbasis IoT yang membantu permasalahan petani jamur dalam mengelola dan memantau kondisi di dalam kumbung jamur. Mustech bisa membantu menjaga kondisi suhu dan kelembaban udara dalam kondisi yang optimal untuk mendorong proses pertumbuhan terbaik bagi jamur tiram.

Mushtech sendiri merupakan solusi yang terdiri dari beberapa komponen seperti hardware, firmware, platform IoT, dan software. Bagian hardware memiliki fungsi untuk memperoleh data-data melalui sensor dan menjalankan aktuator tertentu, seperti mengaktifkan pompa untuk menyemprotkan air.

Data yang dikumpulkan dari sensor, seperti temperatur, kelembaban, hingga intensitas cahaya kemudian akan dikirimkan melalui jaringan seluler 4G ke platform IoT XL Axiata, yaitu FlexIoT. FlexIoT sendiri tidak hanya berperan sebagai database untuk data-data sensor, bamun juga berfungsi untuk menyediakan protokol IoT sehingga terdapat fitur keamanan dan manajemen perangkat.

Data-data tersebut kemudian diolah menjadi informasi yang dapat ditampilkan di user interface berupa dashboard. Melalui dashboard yang berbentuk aplikasi ataupun website ini, informasi yang diolah berdasarkan data dari sensor dapat ditampilkan. Dashboard ini pun nantinya dapat dikembangkan untuk bisa mengontrol aktuator di dalam kumbung.

Data yang dihasilkan kemudian dapat diolah lebih lanjut untuk mendukung petani dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien. Hal ini terutama dengan fungsi otomatisasi yang akan dikembangkan melalui Mushtech.

Solusi berbasis IoT Mushtech saat ini telah digunakan oleh petani jamur di Majalengka, jawa Barat. Selama kurang lebih tiga bulan, hasil penerapan teknologi IoT ini pun telah memperoleh apresiasi positif dari para petani. Mustech pun menjadi salah satu perwujudan upaya transformasi digital di era industri 4.0, mendukung perkembangan produktivitas budidaya jamur tiram.


Bagikan artikel ini