Tingkatkan Urban Farming, XL Axiata Luncurkan XL Smart Hydproponics Berbasis IoT


Ilustrasi Internet of Things

Ilustrasi Internet of Things (IoT)

XL Axiata kini tengah mengembangkan Internet of Things (IoT) yang diterapkan untuk melayani pelaku industri pertanian, termasuk urban farming. Solusi precision farming tersebut diberi nama “XL Smart Hydroponics”.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengungkapkan, XL Smart Hydroponics memiliki all in one system atau sistem yang telah terintegrasi, baik terhadap kinerja sensor, aktuator, konektivitas, platform, dan aplikasi. Solusi ini telah dilengkapi dengan display touch screen dan didukung oleh Graphical User Interface (GUI) yang mudah digunakan.

Dilansir dari beritalima.com, solusi berbasis IoT ini dibangun untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian yang menggunakan teknik hidroponik. Penggunaan solusi berbasis IoT ini telah berhasil meningkatkan produktivitas petani hingga lebih dari dua kali lipat. Pengembangan layanan inovatif berbasis IoT ini bagian dari transformasi dari transformasi digital yang tengah dijalankan oleh XL Axiata.

Dengan solusi ini petani bisa memantau secara real time dan optimalisasi secara otomatis secara otomatis atas parameter-parameter yang mempengaruhi kondisi tanaman. Teknologi ini akan mendemokratisasi teknologi dan membantu urban farmer untuk memilki sistem hidroponik yang baik dalam rangka mewujudkan swasembada pangan.

XL Smart Hydroponics ini telah diimplementasikan tahun ini oleh Kebun Gizi Hidroponik Baitul Maal Hidayatullah (BMH) di Depok, Jawa Barat. Solusi ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas rata-rata lebih dari dua kali lipat.

Fungsi utama dari XL Smart Hydroponics adalah pemantauan kondisi udara, air, dan pengontrolan nutrisi air secara otomatis. Kondisi udara di sekitar tenaman akan dimonitor untuk menjaga kondisi ideal untuk tanaman. Tangki air yang berisi nutrisi dipasang beberapa sensor yang akan mengukur berbagai parameter terkait.

Sebelum menggunakan alat ini, pengukuran nutrisi tanaman dilakukan secara manual, sehingga terdapat kecenderungan ketidakakuratan pengukuran dan keterlambatan penambahan nutrisi. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman kurang konsisten dan mempengaruhi produktivitas.

Data-data yang didapat dari XL Smart Hydroponics akan diolah melalui sistem dan pompa sebagai akuator yang akan menginjeksi nutrisi secara otomatis sesuai dengan kebutuhan tanaman. Pengembangan machine learning, sensor, dan akuator lainnya dapat menambah keunggulan serta mempertajam hasil analisis dan prediksi.