XL Axiata Gunakan AI dan ML dalam Perluas Jaringan di Kalimantan


Xl Axiata

Logo Xl Axiata

XL Axiata terus memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan data di Kalimantan. Strategi ini lantaran permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata yang terus meningkat.

Dalam setahun, trafik XL Axiata di Kalimantan meningkat hingga 29%. Dalam setahun pula, XL Axiata telah menambah jumlah base transceiver station (BTS) 4G sebanyak lebih dari 1.100 BTS atau meningkat 42% secara tahunan year on year (yoy) di seluruh Kalimantan.

Plt Regional Group Head XL Axiata Kalimantan, Horas Lubis mengatakan, selain aspek bisnis, visi memperluas jaringan data ke berbagai wilayah Kalimantan adalah mendukung percepatan pembangunan. XL Axiata ingin berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah memajukan wilayah Kalimantan. Termasuk persiapan pembangunan infrastruktur jaringan di wilayah Ibukota Negara (IKN).

“Infrastruktur jaringan data yang berkualitas, antara lain berupa tersedianya sambungan internet cepat, akan memungkinkan pelaksanaan digitalisasi di berbagai bidang yang pada akhirnya mendukung percepatan pembangunan di Kalimantan,” terangHoras, dalam rilis yang dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (24/1)

XL Axiara menerapkan sejumlah teknologi terbaru mendukung perluasan dan penguatan jaringan ini. Antara lain, implementasi teknologi automated optimization untuk VoLTE, pemanfaatan teknologi Cisco Ultra Traffic Optimization untuk meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan dengan menggunakan algoritma artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML), teknologi Open RAN (Radio Access Network) dengan konsep open interface. 

Lalu, ada juga implementasi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) 4G/5G yang memungkinkan penggunaan bersama jaringan 4G dan 5G pada satu spektrum frekuensi. “XL Axiata juga telah memanfaatkan teknologi FDD Smart 8T8R untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan serta mengurangi konsumsi daya pada BTS,” terang Horas.

Jaringan data XL Axiata kini telah menjangkau lebih dari 1.800 desa/kelurahan, 466 kecamatan di 55 kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, atau lebih dari 75% populasi Kalimantan.  

Di Kalimantan ini terdapat  lebih dari 9.800 BTS termasuk lebih dari 5.800 BTS 4G LTE. Infrastruktur jaringan ini juga didukung kabel serat optik antardaerah.

XL Axiata juga melakukan proses fiberisasi jaringan di seluruh Kalimantan. Hal ini merupakan bagian dari upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS dengan jalur fiber.

Hingga saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 9.300 kilometer jalur fiber optik di seluruh Kalimantan. Jaringan ini menjadi tumpuan bagi jaringan infrastruktur XL Axiata yang menjangkau seluruh provinsi, serta menghubungkannya dengan pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi.


Bagikan artikel ini