XL Axiata Terapkan Teknologi Terbaru, Dukung Ekosistem 5G


Xl Axiata

Logo Xl Axiata

XL Axiata terus melakukan perluasan jangkauan jaringan serta penetrasi 5G di Indonesia, seiring dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan digitalisasi yang terus meningkat dengan pesat. Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa pun mengatakan, pihaknya terus menerapkan berbagai teknologi terbaru untuk dukung peningkatan kualitas jaringan.

“Mulai dari teknologi untuk mempermudah perluasan jangkauan di daerah terpencil, peningkatan kapasitas jaringan, hingga implementasi 5G,” kata I Gede Darmayusa dalam keterangannya, melansir dari Bisnis.com, Senin (17/10/2022).

Ia menyebutkan, untuk penerapan teknologi 5G sendiri XL Axiata terus melakukan penguatan ekosistem dari sisi radio, yang dilakukan salah satunya dengan modernisasi terhadap perangkat jaringan radio.

Selain itu, penguatan juga dilakukan dari sisi jaringan transportasi, yang dilakukan dengan upaya perluasan jaringan backbone fiber optic dan fiberisasi yang menjangkau seluruh wilayah operasi dan layanan XL Axiata. Fiberisasi sendiri menurut Gede kini telah mencakup 51 persen dari total BTS milik XL Axiata.

Lebih lanjut, XL Axiata pada sisi core telah melakukan konvergensi jaringan dan IT dengan menerapkan teknologi Network Functions Virtualization (NFV). XL Axiata juga memastikan kesiapan jaringan VoLTE yang dapat memberikan layanan teleponi pada jaringan 4G, sebagai bagian dari evolusi menuju jaringan 5G.

“XL Axiata berkomitmen kuat untuk sekuat tenaga terus membangun jaringan 4G dan mempersiapkan jaringan 5G,” tutur Gede.

Gede kemudian menambahkan, XL Axiata dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas jaringan juga telah mengimplementasikan teknologi optimasi otomatis untuk VoLTE, serta teknologi Cisco Ultra Traffic Optimization untuk dapat meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan dengan memanfaatkan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML).

Jaringan 5G dari XL Axiata sendiri sejauh ini sudah diujicobakan di perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Formula E di Jakarta, dan di pertemuan Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Belitung.

“Saat ini sedang disiapkan jaringan 5G untuk mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Selain itu, XL AXiata melakukan uji coba dan showcase 5G di sejumlah XL Center yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Medan, Pekanbaru, Denpasar, Banjarmasin, dan Makassar,” pungkas Gede.


Bagikan artikel ini