Siapkan Jaringan 5G, XL Axiata lakukan Uji Coba dengan DSS


Gedung Xl Axiata

Ilustrasi Gedung Xl Axiata

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melakukan berbagai upaya untuk menyiapkan jaringan implementasi 5G. Berbagai upaya inisiatif pun telah dilakukan untuk meningkatkan kapasitas serta efisiensi jaringan yang mencakup radio, transport, dan core.

XL Axiata pun telah melaksanakan berbagai uji coba 5G sejak tahun 2017 silam, bahkan hingga saat ini. Salah satu uji coba terbaru yang dilakukan adalah uji coba dengan Dynamic Spectrum Sharing (DSS) 4G/5G. Teknologi DSS ini memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk 4G dan 5G.

I Gede Darmayusa, Director & Chief Technology Officer XL Axiata menyampaikan, layanan 5G akan menjadi solusi atas trafik data yang terus meningkat hingga tahun-tahun mendatang. Terutama karena trafik data akan terus mendominasi, seperti layanan video yang diprediksi akan mencapai trafik data hingga 82% tahun 2022 nanti.

Peningkatan kapasitas serta efisiensi jaringan oleh XL Axiata dilakukan secara menyeluruh, baik dari jaringan radio, transport, dan core. Pada jaringan radio, peningkatan dilakuakn XL Axiata dengan melakukan modernisasi perangkat radio dan implementasi Carrier Aggregation.

XL Axiata pun melakukan uji coba dengan teknologi Open RAN guna meningkatkan penetrasi jaringan. Sedangkan fiberisasi dan Segment Routing dilakukan pada sisi transport. Pada jaringan core, XL Axiata melakukan implementasi teknologi cloud based core dan distributed core, serta Control and User Plan Separation.

“Selain peningkatan kapasitas dan efisiensi jaringan, dalam rangka persiapan 5G, XL Axiata juga telah melakukan serangkaian uji coba terkait 5G, seperti 5G Outdoor, 5G eMBB, smart city, hologram, serta pengujian beberapa spektrum 5G seperti millimeter wave, serta DSS,” kata Gede, Minggu (3/1/2021).

Gede menambahkan, cepat atau lambat layanan 5G sudah pasti akan diimplementasikan di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan berbagai inovasi untuk menyiapkan jaringan 5G. namun, layanan 5G tetap membutuhkan kesiapan ekosistem lain selain jaringan, seperti ketersediaan spektrum 5G dengan lebar pita optimal.

Upaya uji coba terbaru XL Axiata untuk menyiapkan jaringan implementasi 5G adalah uji coba DSS 4G/5G, yang memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk 4G dan 5G. Uji coba ini dilakukan XL Axiata dengan menjalin kemitraan bersama Ericsson.

Uji coba ini pun dilakukan untuk melihat kesiapan jaringan XL Axiata untuk 5G serta mempelajari pengaruh implementasi 5G pada spektrum eksisting. Hal ini terutama pada layanan yangs saat ini sudah berjalan, seperti 3G dan 4G.

Melalui pemanfaatan DSS 4G/5G, XL Axiata bisa memanfaatkan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G secara dinamis. Nantinya ketika 5G sudah dapat diimplementasikan, DSS bisa menjadi solusi perluasan jaringan 5G yang memanfaatkan jangkauan serta spektrum eksisting.


Bagikan artikel ini