Cloud Computing Indonesia Conference 2021

Akselerasi Making Indonesia 4.0, CCI dan Kemenperin Gelar Cloud Computing Indonesia Conference 2021


Cloud Computing Indonesia Conference 2021

Cloud Computing Indonesia Conference 2021

Berdasarkan penelitian dari McKinsey, pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih berlangsung telah mengakselerasi transformasi digital dengan sangat cepat. Adopsi layanan digital pun mengalami peningkatan yang pesat, di mana adopsi yang umumnya dilakukan menahun terjadi hanya dalam beberapa bulan. Hal ini pun didorong perubahan mendasar pada konsumen.

Pada layanan digital yang diadopsi, cloud computing menjadi layanan digital yang memiliki peran kunci sebagai katalisator pada implementasi layanan digital. Model bisnis layanan cloud computing atau komputasi awan mendukung organisasi dan perusaan untuk melakukan adopsi yang lebih cepat dan menyediakan pengalaman baru bagi pelanggannya.

Pengadopsian layanan cloud computing yang mempercepat transformasi digital pada organisasi dan perusahaan pun menjadi strategi kunci untuk bisa tetap bersaing di era digital yang dipercepat oleh pandemi.

Pandemi COVID-19 kemudian menjadi momentum tepat untuk mengakselerasi program Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pada 4 April 2018 lalu. Mendorong momentum akselerasi ini, Cloud Computing Indonesia (CCI) dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) selenggarakan Cloud Computing Indonesia Conference 2021 pada 15-26 Maret 2021.

Cloud Computing Indonesia Conference 2021 diharapkan menjadi sarana kolaboratif untuk dapat meningkatkan pengetahuan serta implementasi teknologi dalam industri 4.0, seperti sektor manufaktur, finansial, kesehatan, pemerintahan, dan pendidikan. Acara ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti secara gratis dengan mendaftar melalui https://event.cloudcomputing.id.

Cloud Computing Indonesia Conference 2021 sendiri bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai industri 4.0 dan teknologi yang mendukungnya serta meningkatkan pula adopsi teknologi tersebut. Selain itu, juga sebagai ajang dorongan untuk transformasi digital dan mempromosikan manfaat cloud computing untuk transformasi digital di era industri 4.0.

Rangkaian acara Cloud Computing Indonesia Conference yang akan dilaksanakan 15-26 Maret 2021 ini pun didukung penuh oleh Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI). Alex Budiyanto, Ketua Umum ACCI menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan kerja sama dengan Kemenperin sejak 2018 untuk mempromosikan cloud computing sebagai backbone industri 4.0.

“Kami sejak 2018 telah bekerjasama dengan Kemenperin untuk terus mempromosikan manfaat cloud computing sebagai backbone di era industri 4.0, karena teknologi pendukung dari industri 4.0 ada  pada layanan cloud computing atau berhubungan erat dengan cloud computing. Kami sangat mendukung kegiatan positif seperti ini untuk bisa terus memasyarakatkan layanan cloud computing di berbagai sektor,” kata Alex.

Cloud Computing Indonesia Conference 2021 sendiri didukung didukung oleh berbagai institusi resmi dan perusahaan teknologi ternama, seperti Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Mastel, Asosiasi IoT Indonesia, Asosiasi Fintech Syariah Indonesia, Huawei, VMWare Indonesia, Alibaba Cloud, Acer, Thales, Dymar, NetApp, CBN Cloud, CBN Fiber, Pro Sehat, dan CyberHub.

Acara ini juga didukung oleh institusi pendidikan, antara lain adalah Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma.

Acara akan dibuka dengan sesi webinar dari tanggal 15 Maret 2021 hingga 19 Maret 2021 yang kemudian akan dilanjutkan dengan sesi workshop teknis pada 22 Maret hingga 26 Maret 2021. Webinar pada 15 Maret 2021 bertajuk Akselerasi Transformasi Digital dan Making Indonesia 4.0 yang akan dibuka oleh Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian.

Pada 16 Maret 2021, webinar bertajuk Inovasi Teknologi untuk Peningkatan Layanan Finansial di Era Pandemi akan dilaksanakan. Sesi ini akan dihadiri pembicara ahli dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Huawei serta BRI untuk layanan finansial digital.

Webinar berjudul Bagaimana Industri Finansial Bertahan dan Berkembang di Era Pandemi akan digelar pada 16 Maret 2021 sebagai sesi kedua. Pada sesi webinar ini, akan hadir Gubernur Bank Indonesia Perry Wijayanto sebagai salah satu narasumber. Turut hadir pula pembicara ahli dari Alibaba Cloud dan Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro, SE., M.A., Ph.D.

Selanjutnya, pada 17 Maret 2021, webinar berjudul Membangun dan Meningkatkan Layanan Kesehatan Digital di Era Pandemi. Turut hadir dalam webinar ini adalah Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan dan pembicara ahli dari Telkomsigma serta CBN Cloud dan ProSehat.

Acara webinar selanjutnya sebagai rangkaian dari Cloud Computing Indonesia Conference 2021 adalah webinar Meningkatkan Layanan SPBE Sebagai Tulang Punggung Layanan Digital Masyarakat di Era Pandemi pada 18 Maret 2021. Pada sesi ini akan hadir Kepala BPPT Hammam Riza sebagai pembicara serta pembicara ahli lain dri Alibaba Cloyd hingga NetApp Indonesia.

Webinar Bagaimana Menyiapkan SDM untuk Bersaing di Era Industri 4.0 akan dilaksanakan pada 19 Maret 2021, yang akan dihadiri oleg Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Selain itu, turut hadir pula Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. sebagai pembicara, dan didukung pula dengan pembicara dari Alibaba Cloud Indonesia.

Rangkaian acara Cloud Computing Indonesia Conference 2021 dapat dihadiri masyarakat umum. Pendaftaran webinar dan workshop terbuka dan gratis melalui laman resmi di https://event.cloudcomputing.id.