CyberHub Fest 2021

Tingkatkan Literasi Keamanan Siber, Cloud Computing Indonesia Bersama BSSN Langsungkan CyberHub Fest 2021


Ilustrasi Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Keamanan siber kini telah menjadi isu prioritas di seluruh dunia, terutama dengan teknologi informasi (TI) yang digunakan di berbagai aspek kehidupan saat ini, baik politik, ekonomi, pemerintahan, hingga kesehatan. Namun, berbanding lurus dengan pemanfaatan TI yang tinggi terdapat risiko ancaman penyalahgunaan TI yang juga semakin tinggi dan kompleks.

Kompleksitas ancaman serangan siber atau penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi ini semakin meningkat terutama dengan merebaknya COVID-19 di seluruh dunia. Pembatasan sosial yang mengurangi pertemuan fisik pun mempercepat transformasi digital, dan hal ini memberi implikasi besar bagi organisasi untuk mempersiapkan infrastruktur keamanan siber.

Peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang mendorong transformasi digital semakin cepat, kemudian membuat banyak organisasi mulai memindahkan data ke layanan cloud computing, penjahat siber di saat bersamaan meningkatkan serangan Distributed Denial of Service (DDoS) yang mengganggu pengguna bahkan bisa melakukan inflitrasi berbahaya pada sumber daya organisasi.

Maka guna menyikapi fenomena kejahatan siber tersebut, literasi keamanan digital harus dilakukan guna menciptakan lingkungan siber strategis serta dilakukan penyelenggaraan sistem elektronik yang aman, handal, dan terpercaya. Selain itu, juga mampu menumbuhkan ekonomi digital dengan peningkatan daya saing dan inovasi siber serta kepekaan keamanan siber nasional.

Cloud Computing Indonesia bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pun melaksanakan CyberHub Fest 2021 untuk meningkatkan literasi keamanan siber bagi pemerintah, perusahaan negara, perusahaan swasta hingga masyarakat umum. Rangkaian acara CyberHub Fest 2021 akan dilaksanakan untuk melakukan promosi mengenai pentingya keamanan siber dalam proses transformasi digital.

CyberHub Fest 2021 yang juga didukung oleh Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) ini bertujuan pula untuk mendorong impelementasi keamanan siber sebagai fondasi layanan digital, serta mempromosikan berbagai layanan keamanan siber yang ada di Indonesia.

Rangkaian acara CyberHub Fest 2021 pun juga dilaksanakan untuk mengenalkan CyberHub sebagai platform yang dapat mendukung ekosistem keamanan siber di Indonesia. Tentunya, tujuan dan sasaran acara ini adalah untuk terus meningkatkan literasi keamanan digital Indonesia.

CyberHub Fest 2021 akan dilaksanakan pada 18-29 Januari 2021 secara daring, dan terdiri dari webinar dan workshop mengenai keamanan siber hingga layanan keamanan siber yang ada di Indonesia. Acara yang diselenggarakan pun akan mengundang pembicara dan pelatih workshop yang ahli di bidang keamanan siber.

Pada Senin, 18 Januari 2021 mendatang, webinar bertema “Upaya Membangun Industri Keamanan Siber Nasional Sebagai Bagian dari SKSN” akan dilaksanakan dengan pembicara langsung dari BSSN. Pada hari yang sama juga dilakukan webinar mengenai Cloud dan keamanan siber bagi infrastruktur kritis nasional.

Webinar yang dilaksanakan di CyberHub Fest akan mengangkat berbagai tema menarik mengenai keamanan siber, dari kelembagaan pemerintah hingga sumber daya manusia untuk keamanan siber. Workshop pun juga tidak kalah menarik, dengan pelatihan mengenai keamanan siber.

Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai keamanan siber di berbagai bidang ataupun membangun layanan digital yang aman, anda bisa mendaftarkan diri mengikuti webinar dan workshop CyberHub Fest 2021 di https://event.cloudcomputing.id/.