Manfaat ERP Cloud dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Saat ini teknologi semakin berkembang, membuat banyak bisnis lebih seri menggunakan teknologi digital untuk bisa berinov asi dan juga mendorong keajuan bisnis mengunakan ERP Cloud

Sesuai dengan namanya, ERP Cloud merupakan sebuah layanan cloud yang menggunakan sistem ERP (Enterprise Resources Planning) yang merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola dan mengitegrasikan sumber daya serta kegiatan bisnis perusahaan dalam bidang produksi, keuangan, dan lain-lain. Dengan menggunakan sistem ERP, membuat perusahaan bisa dengan mudah memonitor operasional bisnis dengan cepat, kemudian Anda juga bisa membuat sistem perusahaan lebih tertata rapi dibadingkan dengan sistem manual. 

Maka dari itu, sistem ERP bisa dikolaborasikan dengan layana cloud untuk memaksimalkan dan memudahkan perusahaan untuk terhubung ke sebuah server, sehingga ERP Cloud service adalag sebuah solusi perangkat lunak yang menggabungkan berbagai fungsi bisnis utama dalam sebuah platform ERP terpusat yang dihosting di cloud. 

ERP Cloud jga menyediakan rangkaian aplikasi yang terintegrasi untuk mencakup berbagai fungsi bisnis seperti keuangan, manufaktur, manajamen persediaan, sumber daya manusia, penjualan, dan juga pemasaran. Semua hal in dapat saling terhubung dan bisa berbagi data secara real time, sehingga memungkinkan visibilitas yang menyeluruh terhadap operasi bisnis. Dengan menggunakan Cloud ERP System, perusahaan juga tidak perlu mengelola infrastruktur dan juga perangkat keras yang rumit karena Anda hanya perlu membayar biaya berlangganan berdasarkan penggunaan atau kapasitas yang dibutuhkan. 

Manfaat ERP Cloud 

ERP (Enterprise Resource Planning) Cloud memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Berikut beberapa manfaat utama dari ERP Cloud: 

1. Dapat diakses Secara Fleksibel 

ERP berbasis cloud menjadi salah satu solusi cloud computing  yang dapat diakses dan dipantau seluruh operasionalnya di mana pun dan kapanpun. Selain itu, ERP Cloud system juga memudahkan perusahaan untuk bisa menghasilkan laporan bisnis dengan mudah dan tepat di masa-masa saat ini. 

2. Pembaharuan dan Pemeliharaan Otomatis 

ERP Cloud menyediakan pembaruan dan pemeliharaan otomatis seperti perbaikan bug, peningkatn fitur, dan pembaruan keamanan, sehingga hal ini dapat menghilangkan beban perusahaan untuk melakukan pemeliharaan secara manual. 

3. Keamanan Data yang Tinggi 

Sama seperti manfaat layanan cloud lainnya, ERP Cloud juga menyediakan lapisan keamanan yang kuat untuk meindungi data bisnis perusahaan, termasuk enkripsi data, kebijakan akses yang terkontrol, perlindungan terhadap serangan siber, dan pemantaauan keamanan yang terus-menerus. 

Dengan menggunakan sistem ERP Cloud, Anda hanya perlu mempercayakan keamanan data kepada penyedia cloud yang sudah berpengalaman dan ahli.  

4. Biaya yang Lebih Murah 

Dengan menggunakan layanan ERP Cloud, Anda tidak perlu investasi dengan biaya yang besar dan mahakl dana perangkat keras atau pemeliharaan infrastruktur IT, karena Ada hanya perlu membayar berdasarkan penggunaan perusahaan saja. Anda juga bisa mengubah biaya operasional untuk dialokasikan ke sumber daya bisnis lainnya yang lebih membutuhkan, sehingga lebih hemat dan efisien. 

Cara Kerja ERP Cloud 

Setelah megetahui manfaat dari ERP Cloud, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara kerja ERP Cloud yang sebenarnya. Umumnya ERP Cloud bekerja dengan menggunakan infrastruktur cloud untuk menghosting dan menjalankan aplikasi ERP yang terhubung dengan basis data pusat. Untuk langkah-langkah kerja ERP Cloud adalah sebagai berikut: 

1. Infrastruktur Cloud 

Umumnya ERP Cloud dijalankan oleh infrastruktur cloud yang sudah disediakan oleh penyedia layanan cloud seperti Zettagrid Indonesia. Infrastruktur ini sudah mencakup server, jaringan, penyimpana, dan juga sumber daya lainnya yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi ERP. 

2. Implementasi dan Konfigurasi 

Setelag And memilih penyedia layanan ERP Cloud dan ifrastuktur yag sesuai, kemudian perusaahan sudah bisa mengimplementasikan dan mengkonfigurasi aplikasi ERP sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Cara ini akan melibatkan pengaturan modul aplikasi yang berbeda seperti keuangan, manufaktur, persedian, produksi, dan lain-lain. Tahap ini akan dilakukan oleh konsultan ERP, penyedia layanan cloud ERRP, dan juga tim IT iternal terkait. 

3. Akses dan penggunaan 

Setela aplikasi ERP sudah diimplementasikan, pengguna sudah bisa mengakses ERP Cloud melalui aplikasi khusus atau web browser yang sudah terhubung ke infrastutur cloud. Anda dapat menggunakan kredensial sesuai perusahaan untuk masuk dan mengakses modul yang relevan dan menyesuaikannya dengan peran serta tanggung jawab tim dalam sebuah organisasi perusahaan. 

4. Pengolahan dan Penyimpanan Data 

ERP Cloud akan mengelola dan menyimpan data bisnis dala basis data terpusat. Data yang dikupulkan melalui berbagai modul dan sumber daya akan digunakan untyk menghasilkan laporan, analisis, dan wawasan bisnis yang berguna bagi perusahaan untuk mengambil keputusan. 

Dengan kombinasi infrastruktur cloud, integrasi data, dan pengelolaan sumber daya yang terpusat, ERP Cloud bisa memantu perusahaan lebih baik dalam operasi bisnis karena meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, layana  cloud juga memiliki fitur keamanan firewall yang tinggi sehingga mampu melindungi bisnis Anda dari traffic yang berbahaya. 

Bagi Anda yang ingin mencapai efisiensi IT dengan cara imigrasi sistem ERP ke cloud, Anda bisa menghubungi Zettagrid Indonesia karena kami menyediakan keamanan firewall secara maksimal yang mampu melindungi sistem ERP bisnis Anda. Diskusikan kebutuhan IT perusahaan Anda melalui  [email protected] atau klik di sini.


Bagikan artikel ini