Hadirkan Solusi Pemasaran Basis Data, Accenture Gaet Google Cloud


Google Cloud

Google Cloud

Perusahaan multinasional di bidang konsultasi manajemen, Accenture gaet Google Cloud hadirkan solusi baru yaitu Arsitektur Data Pelanggan atau Customer Data Architecture (CDA). Hadirnya solusi ini memungkinkan personalisasi dan pemasaran secara real-time di seluruh saluran dengan memanfaatkan data pelanggan dan perusahaan terintegrasi. Kedua perusahaan berharap solusi ini mampu membantu merek sehingga lebih relevan di pasar.

"Solusi CDA menggabungkan data Google Marketing Platform dengan sumber data perusahaan lainnya untuk menemukan wawasan yang lebih, dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan,” kata Nathan Raward selaku Interactive Lead Àccenture di Indonesia dilansir dari medcom.id pada Jumat (14/08/2020).

Kehadiran solusi ini dilatarbelakangi oleh pemasar dan pengiklan yang saat ini ditantang untuk memutuskan pendekatan terbaik pada konsumen. Sejak wabah COVID-19 muncul, masyarakat terpaksa tinggal di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Akibatnya perilaku belanja masyarakat turut berubah. Awalnya masyarakat terbiasa berbelanja ke pasar atau supermarket, kini beralih ke platform belanja online. Dengan adanya perubahan perilaku belanja masyarakat ini, dunia pemasaran juga perlu berubah ke kondisi normal baru agar produk yang ingin disampaikan bisa lebih cocok bagi konsumen.

Menurut Nathan, perubahan akibat pandemi COVID-19 juga memaksa pemasar untuk memikirkan kembali strategi untuk terlibat dengan konsumen. Mengingat semakin meningkatnya adopsi digital, pemasar tetap harus memasarkan produk mereka dengan tepat.

"Dengan budget pemasaran yang dipotong, aktivitas online meningkat, mengharuskan pemasaran berpindah ke digital. Apalagi, perilaku konsumen juga berubah sebagai bagian dari upaya mereka tetap bertahan di kondisi pandemi," tambah Nathan.

Nathan juga menambahkan bahwa CDA akan memberikan penawaran yang dapat diselaraskan dalam tiga area utama. Pertama, penawaran ini memungkinkan interaksi pelanggan multi saluran. Kemudian juga mampu meningkatkan manajemen data, serta membuat layanan untuk hiper-personalisasi dalam pemasaran, penjualan, dan layanan. Dengan hadirnya solusi CDA ini, Accenture yakin bisnis akan mendapatkan pandangan 360 derajat dari pelanggan dan mampu memutuskan saluran komunikasi terbaik melalui transformasi data dan analitik tingkat lanjut.

Di sisi lain, Markets Lead Accenture Indonesia Bhavana Vatvani mengungkapkan solusi ini adalah bukti komitmen dan kolaborasi kuat antara Accenture dan Google. Accenture Google Cloud Business Group (AGBG) menggabungkan faktor-faktor terbaik dari desain dan inovasi yang berpusat pada manusia. Hal ini dilakukan untuk membantu kliennya di Indonesia.

"Accenture Google Cloud Business Group (AGBG) menggabungkan yang terbaik dari desain dan inovasi yang berpusat pada manusia, untuk membantu klien kami di Indonesia," ujar Bhavana dalam konferensi pers online pada Kamis (13/8/2020).

Berdasarkan riset yang dilakukannya oleh Accenture, menunjukkan bahwa sebanyak 17 persen Chief Marketing Officer (CMO) mengubah perilaku pemasaran mereka, dan menyesuaikannya dengan kondisi adaptasi kebiasaan baru atau New Normal. Hasilnya, perusahaan yang dipimpin CMO tetap memberikan pengalaman pelanggan yang relevan.

Para CMO tidak menghabiskan anggaran iklan yang signifikan ketimbang lainnya untuk memberikan pengalaman tersebut. Mereka justru melakukan inovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dari data yang ada. Data tersebut diolah sedemikian rupa sehingga sesuai dan menghadirkan kesan personal bagi masing-masing konsumen.