Artificial Intelligence Membantu Siswa Melakukan Pembelajaran Secara Digital


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Pendiri dan Direktur Produk dan Kerja Sama Ruangguru, Iman Usman, mengungkapkan bahwa teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) diharapkan bisa mendorong pengalam belajar secara digital.

“Teknologi ini diprediksi akan menjadi salah satu tren di dunia pendidikan di tahun 2021. Tren AI akan menjadi topik penting, dan kita di Ruangguru sudah mulai menerapkan AI dalam berbagai produk dan layanan Ruangguru,” ujar Iman melalui konferensi daring yang dikutip dari Ihram, Rabu (17/2).

Selain digunakan untuk mempelajari algoritma preferensi pengguna secara cerdas dengan adanya rekomendasi, Iman menjelaskan bahwa pihaknya juga tengah mengimplementasian AI di sebut sistem bertajuk Roboguru.

Ketika pengguna menemukan pertanyaan yang dirasa sulit, pengguna dapat mengambil gambar dari soal melalui foto lalu mengunggah ke fitur yang disiapkan. Roboguru akan menyediakan jawaban dan penjelasan cara menyelesaikan soal tersebut.

“Penggunaan AI lainnya adalah membuat sistem Roboguru, yang bisa membantu anak menyelesaikan masalah sulit ketika belajar. Siswa foto soal dan upload, nanti akan ada konsep jawabannya seperti apa untuk membantu mereka belajar,” tambah Iman.

Selain membantu dalam proses belajar di sekolah, Iman menjelaskan pihaknya juga menyiapkan sebuah sistem bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikannya, untuk dipersiapkan terjun ke dunia kerja. Program bimbingan karier juga akan diberikan dengan harapan dapat membantu siswa siap masuk ke dunia kerja.

Selain berfokus pada teknologi di dalam aplikasi dan layanan, Iman menambahkan Ruangguru juga terus memperbaiki faktor luar seperti konektivitas untuk mempermudah akses siswa dengan cepat dan ringan.