Alfamart Kerja Sama Dengan Telkomsel Hadapi New Normal


Alfamart

Ilustrasi Alfamart

Telkomsel secara resmi umumkan kerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dalam virtual press conference menggunakan platform CloudX pada Jumat, 26 Juni 2020 di Jakarta. Dalam kerjasama ini, Telkomsel berkontribusi menyediakan solusi berbasis Internet of Things (IoT) untuk operasional wide area network (WAN) milik Alfamart, melalui solusi cloud Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN). Kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk tanggapan dari penyedia kebutuhan sehari-hari dalam menghadapi era normal baru saat ini.


“Kami menyambut baik kolaborasi bersama Alfamart sekaligus mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan terhadap solusi inovatif bisnis korporasi berbasis IoT dari Telkomsel. Sebagai salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia”. Ujar Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel.


Menurut Setyanto, Alfamart telah menjadi bagian dari masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam berbagai situasi dan kondisi. Oleh karena itu, Telkomsel sebagai leading digital telco company ingin berkontribusi dalam upaya transformasi digital dari Alfamart tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat melalui implementasi teknologi berbasis digital yang terdepan dan canggih untuk optimasi operasional perusahaan. Telkomsel melihat langkah strategis ini dapat membantu memperkuat komitmen Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0 karena dapat mengakselerasi digitalisasi lintas sektor.


Kerja sama ini juga akan membantu Alfamart dalam meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja, dengan tetap menjaga efisiensi biaya operasional selama masa pandemi hingga kondisi new normal. Solusi cloud Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT akan dipakai di infrastruktur WAN yang dikelola Alfamart. Solusi SD-WAN ini juga dilengkapi dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP), memungkinkan perangkat keras di dalam lingkup WAN yang telah dimiliki oleh Alfamart dapat terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru berbasis cloud.


Direktur International Business & Technology Alfamart Bambang Setyawan Djojo mengatakan bahwa solusi ini bakal digunakan untuk memperluas digitalisasi di ranah operasional perusahaan, baik di kota besar maupun pelosok. Saat ini terdapat lebih dari 14.000 gerai Alfamart tersebar di Indonesia. Harapannya pemanfaatan solusi cloud dari Telkomsel IoT akan membantu manajemen traffic jaringan di setiap gerai Alfamart dengan lebih efisien, baik di wilayah pelosok maupun kota besar. Implementasi SD-WAN di wilayah pelosok akan membantu Alfamart untuk mengintegrasikan jaringan leased line yang sebelumnya membutuhkan proses lebih rumit dan waktu lebih lama. Sementara implementasi di kota besar akan membantu Alfamart mengatur traffic jaringan dengan menggunakan teknologi broadband 4G LTE maupun kombinasi broadband dengan leased line.


“Telkomsel berharap solusi berbasis IoT yang dihadirkan dapat memberikan perubahan positif bagi Alfamart dalam menumbuhkan bisnisnya lebih jauh lagi dan membantunya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan lebih baik lagi," ujar Setyanto.