Alibaba Cloud Dukung Digitalisasi di Olimpiade Gangwon 2024


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Olimpiade Internasional Gangwon 2024 telah mencetak sejarah dengan dukungan teknologi terkini dari Alibaba Cloud, anak perusahaan Alibaba Group. Sebagai mitra layanan cloud resmi IOC, Alibaba Cloud telah berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pelaku dan penggemar olahraga. 

Anne-Sophie Voumard, Managing Director of IOC Television & Marketing Services, menyatakan bahwa kemitraan dengan Alibaba Cloud memberikan peluang untuk terus menjelajahi cara kreatif dalam meningkatkan interaksi penonton dan penggemar olahraga global. Dengan teknologi cloud terbaru, Gangwon 2024 telah meningkatkan pengalaman keterlibatan untuk staf, relawan, penonton, dan penggemar olahraga dari seluruh dunia.

Alibaba Cloud telah menyediakan platform digital yang memungkinkan kegiatan operasional, termasuk platform manajemen staf dan sistem penjualan tiket, pada infrastruktur cloud dari Alibaba Cloud yang dapat dilaksanakan dan aman untuk mengoptimalkan efisiensi. Teknologi inovatif Alibaba Cloud, seperti AI dan cloud computing, digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional acara ini.

Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence, menyebutkan menyebutkan, berdasarkan kemitraan TOP (The Olympic Partner) dengan Olympic Games sejak 2017, Alibaba Cloud memperluas solusi untuk lebih mendorong transformasi digital acara olahraga berskala besar.

"Di Gangwon 2024, teknologi kami tidak hanya akan membuat pengorganisasian acara lebih efisien, namun juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi peserta, termasuk atlet, staf, relawan, dan para penggemar olahraga," kata Selina. 

Gangwon 2024, yang berlangsung di provinsi paling utara Korea Selatan, mulai 19 Januari hingga 1 Februari, mengumpulkan lebih dari 1.900 atlet muda berusia 15 hingga 18 tahun, dari 81 negara, untuk berpartisipasi dalam 15 cabang olahraga, termasuk Ski Alpen dan Curling, telah memanfaatkan infrastruktur cloud Alibaba Cloud yang dapat diskalakan dan andal. Alibaba Cloud membantu dalam berbagai aspek, seperti manajemen staf dan relawan, sistem penjualan tiket, dan portal SVM untuk pelatihan dan pemberitahuan pengumuman.

Selain itu, Alibaba Cloud juga memberikan kontribusi kreatif melalui "api digital" berbasis cloud yang menyala bersama api Olimpiade pada Upacara Pembukaan. Api digital, yang ditampilkan di "cauldron" fisik berukuran 8,6mx2,5mx2,7m yang ditempatkan di Olympic Park di Gangwon, akan menyala sepanjang Olimpiade Pemuda Musim Dingin. Api digital ini, dengan latar belakang yang dapat berubah sesuai dengan salah satu dari 32 kondisi cuaca real-time, menciptakan pengalaman visual yang menakjubkan.

OBS Cloud, solusi penyiaran inovatif dari Olympic Broadcasting Services dan Alibaba Cloud, memastikan transmisi siaran langsung berkualitas tinggi ke Pemegang Hak Media melalui Live Cloud. Ini memberikan efisiensi biaya dan fleksibilitas yang signifikan dalam menyampaikan konten langsung ke seluruh dunia.

Tidak hanya itu, untuk memotivasi generasi muda dalam bidang teknologi, Komite Penyelenggara Gangwon 2024 dan Alibaba Cloud menyelenggarakan "Gangwon 2024 Winter Youth Olympic Games Alibaba Cloud Hackathon." Para peserta ditantang untuk menciptakan aplikasi metaverse berbasis web yang menggabungkan elemen merek Gangwon 2024 dan Alibaba Cloud.

Dengan dukungan Alibaba Cloud, Olimpiade Internasional Gangwon 2024 telah sukses menjadi ajang olahraga yang lebih efisien, terkoneksi digital, dan memukau melalui inovasi teknologi terdepan. Sebuah tonggak bersejarah dalam perpaduan antara olahraga dan transformasi digital yang akan terus memengaruhi acara olahraga besar di masa mendatang.


Bagikan artikel ini