Alibaba Cloud Prediksi Permintaan AI Akan Meningkat Selama Pandemi


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Alibaba cloud, sebuah perusahan komputasi awan anakan Alibaba yang dibesut oleh Jack Ma, membantah pernyataan bahwa terjadi penurunan penggunaan Artificial Intelligence & Data Science dimasa pandemi ini. Bantahan tersebut diperkuat dengan pernyataan bahwa permintaan kedua teknologi tersebut meningkat selama wabah berlangsung.

Menurut Yangqing Jia, Vice President of Alibaba Group, Senior Fellow of the Computing Platform BU mengatakan bahwa permintaan teknologi AI terdapat dari berbagai sektor, salah satunya adalah sektor kesehatan.

“Medis merupakan salah satu sektor yang berkembang sangat cepat. AI sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk mengatasi berbagai tantangan di dunia medis, seperti di situasi pandemi saat ini,” kata Jia (13/07/2020).

Beliau juga memprediksi bahwa permintaan teknologi AI akan terus meningkat di Indonesia.

“Dalam 5 tahun ke depan, mayoritas perusahaan di berbagai sektor akan mengadopsi AI untuk teknologi perusahaan mereka. Di manapun, perusahaan akan selalu memiliki pilihan untuk menjadi pioneer penggunaan teknologi, mengikuti tren teknologi, atau tertinggal oleh para pesaing dan pasar yang semakin dinamis, termasuk di Indonesia,” ujar Jia.

Seiring perkembangan cloud computing, diperlukan pula data. Data merupakan asset yang sangat berharga bagi perusahaan, hal tersebut berkaitan dengan penggunaan-penggunaan teknologi canggih saat ini. Alibaba Cloud terdapat beberapa perkembangan dari teknologi Artificial Intelligence.

1. Vision AI
Teknologi ini mampu menganalisis objek dalam gambar yang ditangkap dan diolah untuk menghasilkan keputusan hingga memutuskan tindakan yang tepat

2. Speech recognition
Speech recognition atau pengenalan ucapan merupakan kemampuan sebuah mesin untuk mengidentifikasi kata atau frasa yang diucapkan secara lisan.

3. Machine Translation
Mesin ini diciptakan karena terdapat banyak bahasa yang digunakan manusia saat ini. Dengan adanya mesin ini bahasa-bahasa yang beragam tersebut dapat diterjemahkan ke dalam suatu bahasa agar dapat dimengerti dan dipahami.

4. Intelligent Business Decision
Teknologi ini mampu memproses data-data dalam perusahaan yang didapat dari algoritme AI untuk menghasilkan sebuah keputusan.
Max Meiden Dasuki, Head of Solutions Architect, Alibaba Cloud Indonesia juga mengatakan bahwa Alibaba Cloud akan berupaya untuk menyediakan layanan services dan software terbaik dengan bekerja sama dengan mitra lokal di Indonesia.


“Teknologi AI dari Alibaba Cloud akan memberikan intelegensi data dan menyajikan algoritme pintar untuk membaca atau mengolah data sesuai dengan kebutuhan perusahaan, agar menjadi solusi perusahaan yang ingin mempercepat transformasi digital mereka,” ujar Max.