Alihkan 70% Beban Kerja Ke Cloud, XL Axiata Gandeng Google Cloud


XL Axiata

Logo XL Axiata

XL Axiata umumkan kemitraan strategis dengan Google Cloud sebagai kelanjutan penerapan strategi hybrid-cloud XL Axiata dengan Anthos. Perusahaan ini mengadopsi platform manajemen aplikasi modern dari Anthos-Google Cloud untuk mengotomatisasi, mengelola, dan membuat skala beban kerja di lingkungan hybrid/multi-cloud perusahaan secara aman dan konsisten. Kerjasama ini menargetkan 70% beban kerja perusahaan dialihkan ke cloud computing dalam tiga tahun ke depan.

“XL Axiata berkomitmen untuk memodernisasi infrastruktur kami demi meningkatkan fleksibilitas bisnis dan mempercepat deployment aplikasi. Anthos sangat ideal bagi kami karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sekaligus memungkinkan Google, pemimpin di teknologi Kubernetes, melakukan pengelolaan infrastruktur kontainer bagi kami,” kata Chief Information and Digital Officer XL Axiata Yessie D Yosetya, Selasa (9/6/2020).

Melalui kerjasama ini, XL Axiata dapat memigrasikan platform layanan mikronya ke Google Cloud. XL juga dapat menghadirkan Google Kubernetes Engine (GKE) Anthos di pusat data lokalnya. Serta dapat memperluas kapabilitas komputasi awan di sumber daya yang dimilikinya, baik yang lokal maupun berbasis cloud.

Yessie menambahkan dalam kerjasama tersebut XL Axiata sekaligus menjadi partner interkoneksi Google Cloud untuk dapat menyajikan konektivitas berkecepatan tinggi dengan kemampuan transfer data yang baik di lima pusat data XL Axiata dan jaringan global Google. Dengan demikian, traffic antara jaringan lokal dan Google Cloud tidak melewati jaringan internet publik, melainkan diarahkan melalui jalur langsung di jaringan milik XL Axiata. Jumlah titik rawan di mana trafik biasanya berpotensi tidak tersampaikan atau mengalami gangguan juga akan berkurang.

Sementara, Country Director Google Cloud di Indonesia Megawaty Khie mengatakan saat ini penyedia layanan di seluruh dunia sedang melakukan transformasi yang berpusat pada teknologi cloud agar bisa menyajikan layanan, peluang pendapatan, dan pengalaman pengguna yang baru. Melalui Anthos, Google Cloud mampu menyediakan platform yang konsisten bagi XL Axiata untuk menyebarkan beban kerja baik secara lokal maupun di cloud sehingga bisa mempercepat transformasi digitalnya.

“Kolaborasi kami dalam interkoneksi partner juga akan memungkinkan perusahaan besar maupun kecil di Indonesia untuk mendapatkan akses ke konektivitas berkecepatan tinggi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang sebelumnya tidak dimungkinkan. Ini benar-benar kerja sama yang saling menguntungkan dengan XL Axiata,” lanjut Megawaty.

XL juga berencana mengimplementasikan platform analisis data Google Cloud yang bisa diskalakan untuk menyempurnakan pengalaman pelanggan melalui teknologi berbasis data dan AI (artificial intelligence). Ditambah peluncuran Google Cloud Platform Region Jakarta akan memampukan XL Axiata untuk menyimpan, memproses, dan menganalisis data secara real time dan lokal untuk melayani pelanggan lama dan yang baru di Indonesia.


Bagikan artikel ini