AMD Instinct Bersama ROCm Tawarkan Teknologi Terbaru Kelas Exascale untuk HPC dan AI


Artificial Intelligence New

Artificial Intelligence

Perusahaan penyedia prosesor, yakni AMD mengumumkan ketersediaan ekosistem AMD Instinct dengan dukungan sistem yang diperluas termasuk dari mitra, seperti, ASUS, Dell Technologies, Gigabyte, HPE, Lenovo dan Supermicro, kepada akselerator AMD Distinct MI210 baru dan kemampuan software ROCm 5 yang tangguh.

Secara keseluruhan, ekosistem AMD Instinct dan ROCm menawarkan teknologi kelas exascale ke basis luas pelanggan HPC dan artificial intelegent (AI), serta menjawab permintaan untuk beban kerja komputasi data center.

“Ketersediaan dua kali platform dibandingkan dengan akselerator generasi kami sebelumnya, peningkatan adopsi pelanggan di seluruh aplikasi HPC dan AI, dan dukungan baru dari ISV komersial dalam beban kerja utama, kami terus mendorong adopsi akselerator AMD Instinct MI200 dan ekosistem software ROCm 5 ,” kata Corporate Vice President, Data Center GPU and Accelerated Processing AMD, Brad McCredie, melalui siaran pers yang dikutip melaui Beritasatu.com, Jumat (25/3/2022).

Brad menjelaskan, dengan ketersediaan akselerator AMD Instinct MI210 untuk jajaran MI200, pelanggan AMD dapat memilih akselerator yang paling sesuai untuk beban kerja mereka. “Apakah mereka memerlukan pemrosesan akselerasi terdepan untuk beban kerja HPC dan AI skala besar, atau jika mereka menginginkan akses ke teknologi kelas exascale dalam format komersial,” ungkap Brad.

Director of the LUMI Leadership and Computing Facility CSC Pekka Manninen menambahkan, superkomputer Lumi yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC dan akselerator AMD Instinct MI200 akan memberikan lompatan generasi dalam kinerja untuk simulasi dan pemodelan skala besar serta AI dan beban kerja pembelajaran mendalam untuk memecahkan beberapa pertanyaan terbesar dalam penelitian.

“Kami telah menggunakan akselerator AMD Instinct MI210 untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan keluarga Instinct MI200, mempersiapkan para ilmuwan kami untuk menangani banyak proyek yang menantang dan kompleks yang akan mereka jalankan setelah Lumi sepenuhnya digunakan,” tutur Manninen.

AMD Instinct MI210 ini secara khusus mengaktifkan teknologi kelas exascale untuk pelanggan yang membutuhkan kinerja HPC dan AI dalam format PCIe. Bertenaga arsitektur AMD CDNA 2, akselerator AMD Instinct MI210 memperluas keunggulan kinerja AMD dalam komputasi presisi ganda (FP64) pada kartu form factor PCIe.

Platform software terbuka juga memungkinkan peneliti, ilmuwan, dan insinyur memanfaatkan tenaga akselerator AMD Instinct untuk mendorong penemuan ilmiah, platform AMD ROCm dibangun di atas fondasi berbagai aplikasi dan perpustakaan yang mentenagai aplikasi HPC dan AI.

Melalui ROCm 5, AMD memperluas platform software dengan menambahkan dukungan hardware baru untuk akselerator seri AMD Instinct MI200 dan kartu grafis profesional AMD Radeon PRO W6800, ditambah dukungan Red Hat Enterprise Linux 8.5, meningkatkan aksesibilitas ROCm untuk pengembang dan memungkinkan kinerja luar biasa di seluruh beban kerja utama.


Bagikan artikel ini