Ancaman Email Selama Tahun 2022


Ilustrasi Email

Pandemi benar-benar mengubah pandangan masyarakat terhadap ancaman email. Adanya pergeseran massal mulai dari kerja jarak jauh, serta pengalihan sebagian besar komunikasi dalam bentuk online yang tak terelakkan, telah mendorong meningkatnya serangan phishing dan BEC serangan.

Meningkatnya aliran koneksi bisnis telah mempermudah penjahat dunia maya untuk menyamarkan email mereka di antara tumpukan email yang sah. Sehingga meniru koneksi bisnis telah menjadi vektor serangan utama. Banyak trik rekayasa sosial, seperti pemberitahuan yang mendesak agar korban menanggapi email secepatnya. Tren utama yang telah dianalisa oleh tim Kapersky pada tahun 2022 diantaranya sebagai berikut:

  • Meningkatnya pesan spam dengan konten jahat untuk dapat menginfeksi komputer korban
  • Penggunaan aktif teknik rekayasa sosial dalam email berbahaya yang lebih khas dari spear phishing. Seperti menambahkan tanda tangan untuk meniru organisasi tertentu, menggunakan bahasa bisnis dan isi konteks yang sesuai untuk perusahaan yang menjadi target, menggandeng peristiwa terkini, mengacu pada karyawan perusahaan yang sebenarnya)
  • Spoofing yang meluas, di mana penggunaan alamat email dengan nama domain yang mirip dengan organisasi target yang sebenarnya (hanya saja berbeda untuk beberapa karakter)

Akibatnya, pembuat email spam berbahaya dapat menyamarkannya sebagai pesan internal dan korespondensi bisnis antar perusahaan. Dan bahkan ada yang bersifat sebagai pemberitahuan dari lembaga pemerintah. Nah, berikut adalah contoh paling ilustratif yang tim Kapersky temui selama tahun 2022 kemarin.

Malware Di Email

Tren utama yang diduduki selama tahun 2022 kemarin adalah surat berbahaya yang disamarkan sebagai korespondensi bisnis. Untuk membuat penerima membuka lampiran atau mengunduh file tertaut, penjahat dunia maya biasanya mencoba meyakinkan mereka bahwa email tersebut berisi informasi yang relevan dengan bisnis. Seperti penawaran komersial atau faktur untuk pengiriman barang.

Malware sering ditempatkan di arsip terenkripsi, di mana kata sandinya diberikan di badan pesan. Misalnya, sepanjang tahun tim veeam menemukan beberapa skema yang diantaranya: penyerang memperoleh akses ke korespondensi bisnis yang asli atau sah. Hal ini kemungkinan besar karena mencuri data dari komputer yang sebelumnya pernah terinfeksi. Dan pelaku mengirim email baru ke semua korban dengan file atau tautan yang berbahaya.

Dengan kata lain, pelaku penyerangan mampu mengembangkan percakapan dengan cara yang masuk akal. Yang mana tipuan ini membuat email palsu lebih sulit untuk dikenali, dan kemungkinan korban akan tertipu meningkat. Dalam kebanyakan kasus, ketika dokumen berbahaya dibuka, baik itu Qbot atau Emotet Trojan telah dimuat di dalamnya. Sehingga keduanya dapat mencuri data pengguna, memanen informasi di jaringan perusahaan, dan mendistribusikan malware lain seperti ransomware.

Selain itu, Qbot dapat digunakan untuk mengakses email dan mencuri pesan yang berfungsi sebagai sumber korespondensi untuk serangan lebih lanjut. Menjelang akhir tahun, topik tentang penipuan melalui email menjadi semakin inventif. Misalnya, pada awal Desember lalu, penipu yang berpura-pura menjadi sebuah organisasi amal meminta korban untuk meninggalkan device lama mereka. Tentu saja, untuk ikut serta dalam kegiatan mulia ini, mereka harus mengunduh file yang biasanya berisi daftar perangkat yang diterima. Namun faktanya, lampiran tersebut adalah file berbahaya yang dapat dieksekusi dengan menyembunyikannya di arsip yang dilindungi oleh kata sandi.

Dalam kampanye email yang lain, dengan kedok faktur, penyerang akan mengirimkan puluhan ribu arsip yang berisi akses khusus trojan berbahaya. Hal itu untuk memungkinkan kendali jarak jauh atas komputer yang terinfeksi. Yang paling menarik, arsip terlampir memiliki ekstensi seperti .r00, .r01, dan lain sebagainya. Sepertinya pembuatnya ingin melewatkan lampiran sebagai bagian dari arsip RAR yang besar dalam upaya agar melewati sistem perlindungan otomatis yang dikonfigurasi untuk ekstensi file tertentu.

Pemberitahuan Palsu yang Mengatasnamakan Pemerintah

Selain itu, ada pula e-mail yang meniru pemberitahuan resmi dari kementerian dan departemen pemerintah lainnya yang semakin sering terjadi di tahun 2022. Umumnya email jenis ini disesuaikan dengan profil organisasi tertentu. Serta alamat pengirim biasanya menyerupai domain asli departemen, dan lampiran yang berbahaya tersebut paling sering menggunakan judul yang relevan, seperti "Komentar atas hasil rapat". Salah satu lampiran tersebut berisi kode berbahaya untuk mengeksploitasi kerentanan di Equation Editor sebuah komponen dari Microsoft Office.

Memanfaatkan Peristiwa Terkini

Internet di bagian yang berbahasa Rusia, juga terlihat adanya lonjakan aktivitas email berbahaya tersebut berdasarkan agenda berita saat itu. Misalnya, pada bulan Oktober lalu, penjahat dunia maya mendistribusikan malware dengan kedok perintah telepon, mengeksploitasi “mobilisasi parsial” Rusia.

Email itu bahkan mengutip KUHP Rusia, di mana menggunakan lambang dan gaya Kementerian Pertahanan, lalu mendorong penerima untuk mengunduh pesanan melalui tautan yang disediakan. Faktanya, tautan tersebut mengarah pada arsip dengan skrip yang dapat dieksekusi, sehingga membuat file dapat dieksekusi dan dijalankan oleh pelakunya.

Selain itu, tim veeam mencoba mendaftarkan email yang mengaku berasal dari lembaga penegak hukum Rusia tersebut. Yang mana pesan itu mengundang korban untuk mengunduh “solusi baru” dengan jaminan dapat melindungi dari ancaman online dari organisasi kompetitor. Namun pada kenyataannya, program yang terinstal di komputer tersebut adalah Trojan Ransomware.

Konsep kejahatan dunia maya menjadi semakin canggih setiap tahunnya. Bahkan metode meniru korespondensi bisnis semakin terlihat meyakinkan. Oleh karena itu, untuk menjaga infrastruktur perusahaan Anda terlindungi dari serangan email, perhatikan langkah-langkah organisasi secara teknis. Dengan kata lain, selain perlu memiliki solusi keamanan baik di server perusahaan level bawah hingga ke atas, dan semua yang terhubung ke internet perangkat. Direkomendasikan pula agar melakukan pelatihan umum tentang kesadaran keamanan siber untuk karyawan.

Zettagrid Indonesia sebagai salah satu layanan cloud service yang dapat membantu Anda menghadapi serangan kejahatan yang ada di dunia maya sesuai dengan kebutuhan IT perusahaan. Jika Anda berniat untuk menggunakan solusi maupun kebutuhan IT lainnya dari kami, segera lakukan konsultasi langsung dengan tim kami melalui [email protected] atau hubungi ke sini.

Artikel kurasi ini bersumber dari situs web Kaspersky  dengan blog yang berjudul “E-mail threat trends in 2022 | Kaspersky official blog” dengan penulis Andrey Kovtun, yang diterbitkan pada tanggal 13 Desember 2022.

Tag Terkait
Berita

Bagikan artikel ini