AWS bersama Kominfo Akan Dukung Digitalisasi UMKM di Indonesia


Amazon Web Services Logo

Ilustrasi Logo Amazon Web Services

Revolusi Industri 4.0 telah mendorong perubahan dalam preferensi dan gaya hidup konsumen secara lebih modern. Hal ini kemudian membuat permintaan barang dan jasa banyak yang beralih ke pasar digital.

Faktor perubahan ini kemudian membuat banyak perusahaan-perusahaan besar mulai melakukan inovasi dan fokus pada penggunaan teknologi yang bisa memudahkan mereka untuk mencapai target konsumen.

Gunawan Susanto, Country Manager Amazon Web Services (AWS) Regional Indonesia menyampaikan bahwa kemampuan untuk menggunakan big data analytics dan machine learning menjadi sangat penting untuk membantu mengoptimalkan proses digitalisasi sebuah bisnis hingga mencapai skala yang lebih besar.

Selain itu, keberadaan teknologi seperti cloud computing juga memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha untuk bereksperimen meningkatkan inovasi digital. Gunawan pun menyampaikan, AWS siap terus berkontribusi untuk digitalisasi di Indonesia dengan adanya sinergi bersama stakeholder terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

“Digitalisasi telah mengubah perilaku semua orang, termasuk bagaimana mereka mengonsumsi suatu barang dan lainnya yang semula berbasis offline kini hampir semuanya berbasis online,” ujar Gunawan dalam keterangannya, Rabu (7/7/2021).

Gunawan juga menjelaskan bahwa dengan adanya digitalisasi, maka otomatis sebuah bisnis perlu melakukan antisipasi terhadap data yang dimiliki, baik dalam bentuk video, audio, maupun gambar. Antisipasi dilakukan sehingga kemampuan dalam memahami artificial intelligence (AI) menjadi sangat krusial.

“Kemampuan ini tidak harus dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar saja, namun juga dapat dimiliki oleh suatu bisnis di skala kecil dan menengah. AWS pun hadir dengan menciptakan inovasi pelayanan satu atap bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yaitu Pojok Usaha,” ungkap Gunawan.

Ia menambahkan, program tersebut akan membantu UMKM dalam hal mengakses layanan-layanan AWS yang bisa membantu mereka untuk melakukan digitalisasi secara lebih mudah. Gunawan menyampaikan bahwa selama sektor UMKM memiliki inisiatif dan kemauan yang kuat untuk mempelajari hal baru, maka akan banyak manfaat yang diperoleh dari Pojok Usaha.

“Hal ini terus AWS lakukan untuk mengedukasi dengan menggandeng HIPMI dan membantu pelaku usaha UMKM, sedang, besar, dan lainnya menjalankan digitalisasi,” tutup Gunawan.


Bagikan artikel ini