OpenAI Gandeng Axel Springer, Hadirkan Ringkasan Konten Terkini!


Logo OpenAI

Logo OpenAI

Axel Springer, penerbit berita global, dan OpenAI, perusahaan di balik chatbot ChatGPT, telah menjalin kerja sama yang inovatif untuk menyajikan ringkasan konten Axel Springer sebagai tanggapan terhadap pertanyaan ChatGPT. Pengumuman kesepakatan ini dibuat pada Rabu, 13 Desember.

Dalam kemitraan ini, pengguna ChatGPT dapat mengajukan pertanyaan, dan chatbot ini akan menyajikan ringkasan cerita berita relevan dari merek-merek terkemuka Axel Springer, seperti Politico, Business Insider, Bild, dan Welt. Ringkasan ini mencakup materi dari cerita yang biasanya memerlukan langganan untuk diakses, dan akan menyertakan publikasi Axel Springer sebagai sumbernya, dilengkapi dengan tautan ke artikel lengkap yang diringkas.

Tom Rubin, Kepala Kekayaan Intelektual dan Konten OpenAI, menyatakan bahwa ringkasan ini akan tersedia di ChatGPT segera setelah artikel tersebut dipublikasikan, memastikan bahwa berita terbaru menjadi bagian integral dari pengalaman pengguna. Rubin mengatakan "Konten Axel Springer akan mulai muncul pada kuartal pertama tahun 2024."

Dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan langganan untuk merek-merek Axel Springer, konten ini akan mendapatkan posisi yang menguntungkan dalam hasil pencarian ChatGPT. "OpenAI juga akan membayar konten Axel Springer yang digunakan untuk melatih Large Language Models (LLM) ang menggerakkan ChatGPT. Konten tersebut termasuk materi terarsip," kata Rubin.

Kesepakatan ini, berlangsung selama beberapa tahun dan non-eksklusif, tidak diungkapkan secara finansial. "Kami ingin menjelajahi peluang jurnalisme yang didukung oleh kecerdasan buatan untuk membawa kualitas, relevansi sosial, dan model bisnis jurnalisme ke tingkat berikutnya," kata Chief Executive Axel Springer, Mathias Doepfner, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, OpenAI telah menjalin kesepakatan serupa dengan Associated Press pada bulan Juli, menandai kemitraan kedua antara OpenAI dan penerbit berita utama. Kesepakatan ini menunjukkan tren di industri penerbitan, dengan News Corp juga dalam "diskusi lanjutan" untuk mencapai kesepakatan serupa pada bulan November.

Kesepakatan Axel Springer dan OpenAI ini muncul di tengah pertimbangan penerbit berita untuk menggugat perusahaan teknologi yang menggunakan kontennya tanpa izin untuk melatih model kecerdasan buatan. Dengan adanya aturan baru Uni Eropa yang mengatur penggunaan kecerdasan buatan, industri ini mungkin akan melihat lebih banyak kesepakatan dan perubahan dalam upaya untuk memanfaatkan teknologi ini dengan lebih transparan.


Bagikan artikel ini