Renesas Kenalkan Modul Baru, Cocok Untuk Perangkat IoT Hemat Energi


Renesas

Ilustrasi Renesas

Perangkat IoT merupakan sebuah perangkat yang memiliki kemampuan untuk berfikir sehingga manusia tidak perlu mengontrolnya secara langsung. Dengan menggunakan perangkat IoT manusia dapat mengontrol perangkat tersebut dari jarak jauh dengan bantuan internet sehingga dibutuhkan adanya energi. 

Baru-baru ini, Renesas, produsen sistem semikonduktor untuk telepon genggam dan aplikasi otomotif terbesar di dunia. Renesas telah mengumukan modul Bluetooth Low Energy yang dinamakan RYZ012. Saat ini modul tersebut diklaim telah siap untuk sampling, namun modul tersebut terbatas. Renesas menargetkan akan menyediakan secara penuh pada tahun 2020 ini.

RYZ012 adalah modul Bluetooth Low Energy 5 pertama dari Renesas yang mengacu pada perangkat berbasis Internet of Things (IoT) hemat energi dengan daya ultrarendah. Pada penggunaan energinya, pihak Renesas mengklaim pada mode deep sleep, RYZ012 ini mengonsumsi daya yang sangat sedikit. Sedangkan, pada perangkat IoT yang menggunakan baterai, RYZ012 ini tidak menguras baterai pada kondisi deep sleep. Hal tersebut menjad daya tarik tersendiri sebab konsumen menginginkan penggunaan IoT tenaga baterai dengan daya ultrarendah yang hemat energi sehingga perangkat IoT dapat beroperasi lebih lama dan lebih baik.

"Modul RYZ012 melengkapi solusi konektivitas IoT kami, menampilkan daya ultrarendah dalam suatu form factor kecil, didesain untuk menyasar suatu penggunaan yang luas dari IoT, rumah terkoneksi, asset tracking, dan aplikasi-aplikasi sensitif biaya. RYZ012 bekerja sama dengan solusi sensor Renesas untuk menawarkan suatu ekosistem dari perangkat sampai cloud yang dari ujung ke ujung." tutur Roger Wendelken, Senior Vice President, Head of MCU Business, IoT and Infrastructure Business Unit, Renesas.

Modul Renesas RYZ012 hadir dalam dua varian yaitu dengan antena terintegrasi dan tanpa antena terintegrasi. Jika perangkat IoT membutuhkan jangkauan lebih jauh, maka membutuhkan antena yang mendukung. 

Modul Renesas RYZ012 terintegrasi dengan transceiver 2,4 GHz yang mendukung low-rate wireless personal area network (IEEE802.15.4) dan ZigBee. Modul RYZ012 ini juga dilengkapi dengan microcontroller 32 bit dengan static RAM 64kB dan flash memory 512 kB. Namun, RYZ012 tidak membutuhkan Digital Signal Processor (DSP) eksternal untuk mendukung standar IoT 2,4 GHz.