Dukung Industri 4.0, Bosch Rexroth Hadirkan Solusi ctrlX Automation Berbasis IoT


Ilustrasi Industri 4.0

Ilustrasi Industri 4.0

Bosch Rexroth dukung para pelaku industri untuk mengadopsi serta menerapkan industri 4.0 di Tanah Air, yang dilakukan melalui kehadiran platform berbasis internet of things (IoT) ctrlX Automation. Hal ini guna mendukung optimalisasi potensi besar Indonesia di ranah industri manufaktur.

“Pada implementasi industri 4.0, automasi menjadi bagian krusial. Namun di sisi lain, penerapan sistem automasi masih dianggap rumit dan membutuhkan investasi yang besar,” ungkap Managing Director Bosch Rexroth Indonesia Kristo Kenmart pada ajang Manufacturing Indonesia 2022 di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Oleh karena itu, Kristo pun menuturkan bahwa penting untuk mengedepankan potensi digitalisasi dan jaringan pada sebuah proses manufaktur. Hal ini dilakukan melalui kombinasi teknologi kontrol, teknologi informasi (TI), dan internet of things (IoT) secara komprehensif.

Maka Bosch Rexroth kemudian mengembangkan platform otomatisasi baru bernama ctrlX Automation, yang mampu menggabungkan teknologi kontrol yang terautomasi, teknologi informasi, serta perangkat IoT dengan sensor-sensor dalam satu sistem yang sepenuhnya terbuka.

“ctrlX Automation sebagai platform bisa menjadi apa saja. Misalnya handphone ini, bisa disebut kamera karena ada kameranya, bisa kalkulator karena ada kalkulator, bisa disebut recorder karena ada perekamnya, dan bisa disebut playstation karena bisa untuk bermain game,” tutur Kristo.

ctrlX Automation sendiri merupakan platform otomatisasi terbuka yang menyediakan semua blok bangunan untuk solusi otomatisasi yang lengkap. Sistem di dalamnya pun modular, dapat diskalakan, dan compatible dengan hampir seluruh aplikasi. Platform ini kemudian dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu solusi unggulan dari platform ini adalah ctrlX Core, yang mampu menciptakan solusi otomatisasi lengkap, kinerja konsisten, antarmuka yang fleksibel, arsitektur seragam, hingga integrasi IoT yang unik.

Berbasis Linux Ubuntu Core, ctrlX Automation kemudian dapat diintegrasikan ke dalam ekosistem seperti EtherCAT, konektivitas multi-ethernet, serta skalabilitas perangkat lunak yang fleksibel dan aman dengan aplikasi. Platform ini juga dapat digunakan dalam aplikasi berbasis drive atau sebagai sistem kontrol tertanam.

“Implementasi ctrlX Automation memungkinkan pabrik untuk menggunakan komponen yang lebih sedikit hingga 50 persen. Proses engineering yang lebih cepat hingga 30 persen, dan peningkatan produktivitas hingga 10 persen,” jelas Kristo.

Keunggulan solusi ini kemudian memungkinkan Bosch Rexroth untuk siap mendukung para pelaku industri, khususnya di bidang industri manufaktur untuk mengadopsi serta menerapkan industri 4.0 di Indonesia.


Bagikan artikel ini