Catalyst Tech Manfaatkan Layanan AWS untuk Dukung Operasional


Amazon Web Services

Amazon Web Services

Perusahaan teknologi Catalyst Tech mengungkapkan bahwa bisnis mereka selama pandemi COVID-19 relatif tidak mengalami penurunan. Hal ini pun didukung dengan pemanfaatan platform digital.

“Kami khawatir dahulu daya beli masyarakat akan turun karena pandemi, tetapi faktanya adalah masyarakat hanya berpindah dari proses offline menjadi online. Jadi yang kehilangan pembelian pada toko offline masih tetap dapat diimbangi melalui online,” kata CTO & Co-Founder Catalyst Tech, Pria P melalui sebuah diskusi daring, melansir dari Antara, Jumat (12/8/2022).

Catalyst Tech sendiri merupakan perusahaan teknologi yang mendukung pengelolaan situs belanja daring JamTangan.com dan Voila.id. JamTangan.com merupakan platform penjualan berbasis online serta offline, sementara Voila.id adalah situs belanja daring untuk produk mode dan barang mewah.

Pria pun menuturkan bahwa pandemi COVID-19 telah menimbulkan pergeseran preferensi belanja masyarakat, di mana pembelian kini lebih banyak dilakukan secara online. Pihaknya kemudian melihat ini sebagai peluang bisnis, hingga kemudian melakukan penguatan bisnis pada ranah digital.

Pada penguatan proses bisnis di ranah digital, Catalyst Tech memanfaatkan layanan cloud computing atau komputasi awan dari Amazon Web Services (AWS) guna memastikan layanan yang dihadirkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Kami memerlukan penguatan pada semua kanal penjualan, dan kami menilai cloud sebagai solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan kedua merek kami. Kami berharap dapat menyediakan pengalaman pengguna terbaik, sehingga pembeli dapat dengan nyaman berbelanja di platform kami,” tutur Pria.

Catalyst Tech dalam mencapai targetnya memanfaatkan cloud AWS selama beberapa tahun. Infrastruktur dari Catalyst Tech sendiri sebagian besar berjalan di Amazon Elastic Kubernetes Services (EKS), database di Amazon Relational Database Service (RDS), serta aset status yang berada di Amazon Simple Storage Service (S3).

Selain pemanfaatan berbagai produk tersebut, Catalyst Tech pun kedepannya berencana untuk menjajaki penggunaan machine learning (ML) bersama dengan tim AWS untuk semakin memaksimalkan pelayanan.

Layanan yang dihadirkan oleh AWS pun dinilai terbukti membantu mengelola periode ramai berbelanja di JamTangan.com dan Voila.id. Layanan cloud dan beragam solusi lainnya dari AWS kemudian dapat mendukung bisnis melalui periode-periode kritis ini tanpa gangguan, dengan tetap menjaga pengalaman pelanggan.

Sementara terkait dengan arah bisnis selanjutnya, Pria mengatakan bahwa Catalyst Tech akan semakin mengembangkan bisnis dengan menyasar pada ceruk-ceruk pasar potensial yang belum digarap di dalam negeri.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan tim AWS untuk menangkap peluang-peluang tersebut, serta memindahkan data dan beban kerja perusahaan ke AWS Asia Pacific (Jakarta) Region untuk semakin menurunkan latensi dan meningkatkan user experience,” pungkas Pria.


Bagikan artikel ini