AWS : Cloud Computing Bisa Fasilitasi Startup Ciptakan Inovasi


Ilustrasi Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Gunawan Susanto, Country Leader Indonesia Amazon Web Services (AWS) mengatakan bahwa perusahaan rintisan atau startup dapat melakukan inovasi dengan dukungan dari teknologi cloud computing.

Inovasi dengan cloud sendiri bisa dilakukan mulai dari beban kerja sederhana seperti komputasi data, hingga pemanfaatan teknologi yang lebih kompleks seperti basis data, artificial intelligence (AI), serta machine learning (ML).

“Contohnya ada salah satu two peer leading Credivo menggunakan face recognition untuk bisa membantu memisahkan proses,” kata Gunawan dalam konferensi yang disiarkan secara virtual, Selasa (7/9/2021).

Selain contoh tersebut, perusahaan penyedia jasa kesehatan jarak jauh seperti Halodoc juga menggunakan inovasi berupa prosesor Graviton2 yang dapat mengurangi biaya, serta machine learning untuk dapat memilah gambar-gambar dengan potensi tidak senonoh.

Gunawan pun mengatakan bahwa AWS sendiri di Indonesia telah memberikan dukungan terhadap sejumlah startup lintas industri. Hal ini dilakukan dalam misinya untuk dapat memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi pelaku usaha.

“Di Indonesia khususnya, AWS sangat bangga karena dengan mendukung startup lokal, kami secara tidak langsung juga turut menyumbangkan solusi-solusi kami bagi negeri, terutama untuk pelaku UMKM yang harus dimampukan berinovasi dengan teknologi,” papar Gunawan.

Lenih lanjut, Gunawan menilai bahwa tidak boleh ada konstituen yang tertinggal dalam perjalanan menuju pertumbuhan ekonomi yang pesat bagi Indonesia. Ini termasuk pula UMKM, startup, bahkan perusahaan besar sekelas enterprise.

Sebagai penyedia solusi teknologi, terutama pada cloud computing, AWS berupaya untuk dapat menggunakan pendekatan tepat guna untuk memahami karakteristik serta kebutuhan dari masing-masing kelas usaha. AWS pun menjamin bahwa cloud yang ditawarkannya aman digunakan oleh perusahaan-perusahaan startup di Indonesia.

“Kami pun menawarkan pilihan infrastruktur dan solusi cloud yang aman bagi startup-startup Indonesia karena kami telah mengantongi beberapa sertifikasi kepatuhan seperti ISO27001,” pungkas Gunawan.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menuturkan bahwa saat ini, peran strategis yang dipegang oleh berbagai pihak seperti pemerintah, pelaku usaha, hingga komunitas adalah untuk merumuskan bagaimana menangkap peluang besar teknologi dengan bantuan digitalisasi.

“Pemanfaatan teknologi cloud adalah sebuah tren yang akan terus berlangsung. Dan saya percaya bahwa di masa depan, setiap data, operasional, dan beban kerja akan dikelola di cloud. AWS memainkan peran penting sebagai penyedia infrastruktur dan juga layanan berbasis cloud,” tutur Sandiaga.