Cognizant Luncurkan Advanced Artificial Intelligence Lab


Artificial Intelligence Industri

Ilustrasi Industri Artificial Intelligence

Cognizant, perusahaan teknologi terkemuka, telah mengumumkan peluncuran Advanced Artificial Intelligence (AI) Lab di San Francisco. Laboratorium ini akan menjadi pusat penelitian dan inovasi dalam bidang kecerdasan buatan, menggabungkan kekayaan intelektual dan teknologi AI untuk mempercepat kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan praktik AI.

Fokus dan Tujuan Lab AI Canggih

Laboratorium ini akan dikelola oleh tim peneliti dan pengembang yang berpengalaman, termasuk perintis dan PhD di bidang AI. Mereka akan bekerja sama dengan lembaga penelitian, pelanggan, dan perusahaan rintisan untuk menghasilkan solusi AI yang mutakhir. Dengan 75 hak paten yang telah diberikan dan masih dalam proses, laboratorium ini memberikan landasan yang kuat bagi penciptaan solusi AI terdepan.

Membuka Jalan bagi AI Generatif

Peluncuran Advanced AI Lab Cognizant merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk berinvestasi sebesar $1 miliar dalam AI generatif (gen AI) selama tiga tahun ke depan. Ini mencerminkan upaya Cognizant untuk memahami dan memanfaatkan dampak AI yang semakin meluas dalam berbagai sektor industri.

Peluncuran Advanced AI Lab Cognizant menjadi sorotan yang tepat pada saat banyak perusahaan sedang berjuang untuk memahami dampak yang dibawa oleh kecerdasan buatan (AI) dan untuk memenuhi harapan yang semakin meningkat terhadap potensinya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lebih dari separuh (66 persen) pejabat eksekutif merasa ragu atau tidak puas terhadap kemajuan AI dan gen AI di perusahaan mereka, namun sebagian besar dari mereka (85 persen) berencana untuk meningkatkan anggaran AI dan gen AI pada tahun 2024. 

Menurut penelitian terkini yang dilakukan oleh Cognizant dan Oxford Economics , sebagian besar pejabat eksekutif berencana untuk meningkatkan anggaran AI dan gen AI pada tahun 2024. Dengan AI gen, potensi kontribusi hingga $1 triliun pada perekonomian Amerika Serikat diharapkan dapat terwujud pada tahun 2032.

Visi CEO Cognizant

Ravi Kumar S., CEO Cognizant, menyatakan,"Karena AI semakin cepat digunakan secara umum, Cognizant terus mendobrak batasan melalui kemitraan strategis, program pelatihan, dan investasi platform agar menjadi perusahaan yang mengutamakan AI." Dia menekankan pentingnya laboratorium ini dalam mempercepat upaya Cognizant dalam bidang penelitian AI yang canggih.

"Dengan peluncuran Advanced AI Lab Cognizant, kami mempercepat upaya ini dengan berinvestasi pada penelitian inti AI yang canggih sehingga menempatkan kami di posisi terdepan di inovasi dan industri kami. Karena kami memberikan solusi lengkap dalam menjalin hubungan dengan klien, kami memiliki pandangan yang unik tentang bisnis, industri, dan kebutuhan mereka akan AI. Kami sangat berfokus pada penelitian dan pengembangan AI untuk meletakkan dasar bagi hasil bisnis yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah," ungkap Ravi Kumar.

Penerapan Large Language Models (LLM)

Dalam pengembangan solusi AI, laboratorium ini akan memanfaatkan kekuatan Large Language Models (LLM) sebagai pekerja intelektual yang cakap. Mereka akan menggunakan platform AI Cognizant Neuro™ untuk mengatur LLM ke dalam sistem AI pengambilan keputusan yang dapat memberikan dampak positif dan mengoptimalkan hasil bisnis.

Solusi AI yang disesuaikan ini tidak hanya akan mendukung pengambilan keputusan bisnis strategis, tetapi juga operasional perusahaan, termasuk keuangan, penjualan, produk, dan dukungan TI, serta produktivitas karyawan secara keseluruhan.

"Advanced AI Lab Cognizant adalah mitra yang penting bagi kami dalam komunitas penelitian. Dan kami cepat bekerja bersama mereka yang telah berusaha mensimulasi dinamika otak pada populasi pasien dan populasi yang sehat ," kata Dr. Manish Saggar, Asisten Profesor dan Direktur Brain Dynamics Lab di Stanford University School of Medicine. "Saya senang sekali melihat kemajuan yang kami capai dan potensi dampaknya terhadap kemajuan ilmu pengetahuan sekaligus pada pengembangan intervensi baru untuk gangguan kesehatan mental."

Kolaborasi dan Rencana Lab

Advanced AI Lab Cognizant akan berfokus pada berbagai bidang, termasuk:

  • Meneliti, merancang, mengevaluasi, menciptakan, dan menampilkan solusi AI yang inovatif bagi produktivitas bisnis dan pengambilan keputusan di berbagai bidang
  • Bekerja sama dengan pemangku kepentingan eksternal, termasuk lembaga penelitian, pelanggan, dan perusahaan rintisan, serta terlibat dalam proyek penelitian AI yang bermanfaat
  • Mendukung solusi pengambilan keputusan yang didukung AI di seluruh dunia, dan memperkuat Cognizant sebagai pusat pengetahuan bagi penelitian AI yang dipublikasikan dan ditinjau oleh rekan sejawat
  • Bermitra di seluruh lini bisnis dan praktik Cognizant untuk melatih dan meningkatkan keahlian rekan kerja mengenai solusi AI yang baru ketika tersedia di platform AI Cognizant Neuro™
  • Memupuk lingkungan pembelajaran berkelanjutan, inovasi, dan berbagi pengetahuan

Lab ini akan dipimpin oleh wirausahawan dan penemu AI, Babak Hodjat, sementara kegiatan penelitian AI diawasi oleh Profesor AI dan pionir neuroevolusi dari University of Texas at Austin, Risto Miikkulainen. Dalam setahun terakhir, tim peneliti dan pengembang mereka telah menerbitkan 14 makalah di bidang akademis dan menerima penghargaan Best Pathway to Impact Award di NeurIPS 2023 Climate Change Workshop.

Dukungan Terhadap Inovasi AI

Selain Advanced AI Lab, Cognizant juga memiliki AI Innovation Studios di berbagai lokasi, termasuk London, New York, San Francisco, Dallas, dan Bengaluru. Studio ini menjadi ruang inspirasi dan inovasi bersama bagi klien dan rekan kerja untuk mengidentifikasi dan mengembangkan solusi bisnis baru.

Komitmen Terhadap AI yang Bertanggung Jawab

Cognizant menegaskan komitmennya terhadap standar tertinggi AI yang bertanggung jawab dan etis, dengan fokus pada keselamatan, keamanan, privasi, transparansi, dan inklusi. Mereka juga terus mengembangkan penelitian dan wawasan untuk membantu pemimpin perusahaan membuat keputusan berdasarkan informasi yang akurat.

Peluncuran Advanced AI Lab Cognizant menandai langkah maju dalam pengembangan kecerdasan buatan. Dengan komitmen dan kolaborasi yang kuat, laboratorium ini diharapkan menjadi pusat inovasi yang menghasilkan solusi AI terdepan yang akan membawa dampak positif bagi berbagai sektor industri dan masyarakat secara luas.


Bagikan artikel ini