Deutsche Bank Gandeng Google Cloud Untuk Inovasi Produknya


Google Cloud

Google Cloud

Deutsche Bank, sebuah perusahaan perbankan dan jasa keuangan global asal Jerman menjalin kerja sama jangka panjang dengan Google Cloud untuk mendorong inovasi dalam produk keuangan berbasis teknologi cloud untuk nasabahnya. Dengan kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dari Deutsche Bank.

“Kerja sama dengan Google akan menjadi penopang strategi transformasi kami yang sangat penting. Sekaligus menunjukkan bagaimana komitmen kami terhadap pengembangan teknologi sebagai masa depan,” ujar Kepala Eksekutif Deutsche Bank Christian Sewing.

Kerja sama antara Deutsche Bank dan Google Cloud ini adalah bagian dari anggaran untuk investasi teknologi yang telah disiapkan Deutsche Bank hingga 2022, senilai 13 miliar Euro (US$ 14,7 miliar). Investasi teknologi dari Deutsche yang tidak sedikit ini menunjukkan keseriusan dari perusahaan perbankan ini untuk mengikuti tren penggunaan layanan cloud saat ini.

Jaringan teknologi Deutsche Bank dinilai ketinggalan zaman sehingga Deutsche Bank mengundang penawaran kepada beberapa perusahaan teknologi yaitu Google, Microsoft, dan Amazon pada awal tahun ini. Namun Deutsche Bank belum menanggapi kesepakatan kemitraan dengan Microsoft maupun Amazon. Selain itu, Google Cloud juga berhasil mengungguli kedua perusahaan tersebut yang juga diberikan penawaran oleh Deutsche Bank.

“Ini menunjukkan tekad kami untuk berinvestasi dalam teknologi kami karena masa depan kami sangat terkait dengan digitalisasi yang berhasil. Ini adalah kisah pendapatan sama halnya dengan biaya,” tambah Christian.

Sumber Routers menyebutkan, penandatanganan Letter of Intent antara kedua pihak sudah dilakukan dan kontrak ‘multi-tahun’ akan diteken dalam beberapa bulan ke depan. Setidaknya kerja sama dengan Google akan memberikan kontribusi senilai lebih dari 1 miliar Euro dalam sepuluh tahun ke depan.