Dukung Dev/Verse, Pemprov Jabar Hadirkan Program Digital


Kepala Diskominfo Jawa Barat Ika Mardiah

Kepala Diskominfo Jawa Barat Ika Mardiah

Microsoft mengadakan Konferensi Pers Dev/Verse 2022: Empowering Developer Universe yang bertujuan untuk semakin memberdayakan talenta digital di Indonesia serta untuk mengetahui dan mendukung mengenai kosistem teknologi dalam negeri.

Program Dev/Verse 2022 ini akan dilangsungkan pada tanggal 22-25 Maret 2022. Salah satu provinsi yang turut mendukung Program Dev/Verse dan telah menyatakan bahwa telah menjadi Provinsi Digital adalah Provinsi Jawa Barat.

Pemerintah Jawa Barat adalah salah satu kolaborator dalam acara Dev/Verse untuk mendukung pengembangan digital di kalangan masyarakat. Pemerintah Jawa Barat juga telah meluncurkan beberapa program digital untuk turut mempercepat terwujudnya Indonesia digital. 

Kepala dinas Komunikasi dan Informasi provinsi Jawa Barat Ika Mardiah M.si Provinsi Jawa Barat menjelaskan dalam mwujudkan Indonesia Digital ada beberapa hal yang perlu diatasi seperti tingginya indeks kesenjangan digital, rendahnya tingkat literasi digital, dan tingginya kerentanan terhadap berita hoaks, serta masih belum dioptimalkan potensi pasar digital pada sektor publik misalnya teknologi Internet of Things memberikan potensi beragam peningkatan ekonomi dan produktivitas penduduk dan kualitas hidup masyarakat pedesaan yang belum terjamah oleh inovasi teknologi.

Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat menggagas berbagai program inovatif seperti Desa Digital, Candradimuka Coding Camp, Sapa Warga yang menghubungkan antara rukun warga dengan pemerintah, PIKOBAR yakni pusat koordinasi untuk mengatasi COVID-19 di Jawa Barat, dan ekosistem data jawa barat. candradimuka Coding Camp pemberian beasiswa untuk programing digital marketing bagi pemuda jawabarat sekitar 1200 orang yang dibagi dalam 2 batch.

Selain itu, terdapat juga program bagi aparatur sipil negara di pemprov Jawa Barat yakni program Jawara Data untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Jawa Barat yang termasuk juga pada pengolahan data dan keterbukaan layanan informasi publik.

"Jawa Barat telah menyatakan diri sebagai provinsi digital, tentunya ingin dijadikan sebagai acuan oleh daerah lain dan dapat mendorong tercapainya Indonesia Digital," ujar Ika.

Di sisi lain Ika juga membahas mengenai talenta digital khususnya pada developer, Ika menjelaskan bahwa developer memilik peranan penting bagi proses mewujudkan inovasi dan transformasi digital di Indonesia.

Namun, Ika menyayangkan karena developer di Indonesia masih sangat terbatas dan dari hasil survei world digital competitivnese pada tahun 2022 bahwa daya saing digital Indonesia berada di peringkat 56 dari 63 negara. 

Selain itu, terdapat pula riset dari Bank dunia menyatakan bahwa Indonesia memerlukan 9 juta talenta digital sehingga Indonesia memerlukan upaya kolaborasi dalam melahirkan developer handal seperti yang telah dilakukan oleh Microsoft yang telah mengadakan Dev/Verse 2022.

Salah satu contoh program yang telah dilakukan oleh Pemprov Jawa Barat adalah Candradimuka Coding Camp dalam menghasilkan talenta digital di Indonesia.

Jawa Barat juga menduduki peringkat kedua dalam Daya Saing Digital dari KataData Inside Center 2022 setelah Provinsi DKI Jakarta. Tingginya daya saing digital ini diukur dari sembilan indikator utama antara lain sumber daya manusia, tingkat penggunaan TIK, tingkat pengeluaran TIK, infrastruktur, keuangan, tingkat perekonomian, produktivitas, kewirausahaan, regulasi, serta kapasitas pemerintah daerah di setiap provinsi dalam mendorong adopsi ekonomi digital.

Hal ini menunjukan adanya potensi besar di Jawa Barat dalam menumbuh kembangkan peran serta talenta digital dalam membangun daerah.

Dari sisi birokrasi, developer memiliki peran untuk mengubah bahkan merevolusi layanan publik yang konvensional dan serba manual. Pemprov Jawa Barat sendiri telah membantuk Jabar Digital Service dibawah pengawasan Dinas Kominfo Jawa Barat yang telah menyediakan ruang untuk berinovasi dan berkontribusi lebih dari 150 orang talenta muda digital guna mendukung Jawa Barat sebagai provinsi digital.

Salah satu contoh penerapan untuk layanan publik adalah Pusat Informasi dan Kordinasi COVID-19 Jawa Barat (PIKOBAR) yang dalam kondisi darurat pandemi, pikobar menyediakan berbagai fitur yang memudahkan warga Jawa Barat dalam mengakses layanan kesehatan seperti pengambilan obat, infromasi mengenai isoman dan rumah sakit yang menyediakan ruangan isoman dan masih banyak lagi.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengungkapkan dalam acara Dev/Verse 2022 ini Microsoft meluncurkan tiga platform antara lain Microsoft Learn, Portal Inovasi Azure yang telah tersedia dalam bahasa Indonesia yang dapat mendukung perkembangan talenta digital di Indonesia. Serta komitmen microsoft dalam mendukung startup di Indonesia melalui  diluncurkan Microsoft Startups Founders Hub.

"Menurut saya program Dev/Verse ini menjadi program yang sangat luar biasa dan tentunya akan menjadi salah satu pendukung untuk mengatasi permasalahan di Indonesia mengenai masih kurangnya developer di Indonesia ini. Selain itu juga menjadi peluang bagi semua yang berminat walaupun tidak memiliki latar belakang IT untuk ikut serta dalam program ini dan Jawa Barat banyak yang ikut serta pada program Dev/Verse ini," tutur Ika.

Dalam mendukung program Microsoft Dev/Verse, Pemprov Jawa Barat telah berkolaborasi dengan Microsoft untuk mengadakan program Dev/Verse Cloud Skills Challenge yang berlangsung 21 maret-21 april 2022 dan dapat mendaftarkan diri di aka.ms/DevVerseCSC. 


Bagikan artikel ini