Dukung Percepatan Digitalisasi, Pelaku Industri Data Center dan Cloud Bidik 30 Juta UMKM Go Digital


UMKM Digital

Ilustrasi UMKM Digital

Bisnis data center dan cloud service di Indonesia semakin meningkat. Para pelaku kini mengincar digitalisasi 30 juta UMKM seperti yang dicanangkan pemerintah. Perkembangan dan inovasi data center dan cloud services dalam lingkup ekonomi digital secara umum, serta apa yang terjadi di Asia Tenggara selama pandemi dua tahun terakhir menjadi fokus perhatian para pelaku industri data center dan cloud services dunia.

Vice President Finance & Business Operations IDCloudHost Adam Darmanto mengatakan arahan Presiden RI, Jokowi, untuk membidik 30 Juta UMKM Go Digital pada 2024, disambut dengan antusias oleh para pemangku kepentingan bidang teknologi informasi."Kami siap memberikan layanan terjangkau dan berkualitas untuk mendukung program pemerintah melakukan onboarding digitalisasi UMKM di Indonesia sesuai program pemerintah, 30 juta UMKM digital", ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (22/5/2022).

Lebih lanjut, Adam yang menjadi salah satu panelis dalam konvensi menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan tidak hanya data center yang berkualitas, tetapi juga Data Center yang terjangkau bagi penyedia cloud services untuk melayani onboarding digitalisasi UMKM.

"Kami mendorong para penyedia data center untuk melakukan inovasi agar layanan Data Center di Indonesia terjangkau. Ada dua area yang kami pandang merupakan peluang inovasi, yaitu, dengan pemanfaatan teknologi pengaturan penempatan rak yang akan meningkatkan kapasitas jumlah server per-rak, dan pengelolaan manajemen listrik dengan implementasi individual metering listrik pada rak sesuai pemakaian," katanya.

Melansir dari Republika.co.id, adapun inovasi ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional Data Center, yang pada gilirannya akan menjadikan layanan data center lebih terjangkau bagi para provider cloud services, sehingga dapat menjadi enabler bagi para UMKM dapat bertransformasi dan hadir secara digital, baik untuk membuat website ataupun manajemen operasionalnya berbasis cloud.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri data center global tumbuh dengan sangat cepat. Hal ini didorong oleh transformasi digital yang terjadi secara masif, teknologi IoT yang semakin berkembang, dan peralihan ke layanan cloud computing.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Research and Markets, pasar data center global diperkirakan akan tumbuh dengan CAGR yang mencapai lebih dari dua persen selama periode 2019 sampai 2025. “Pasar ini telah menarik investasi yang signifikan pada layanan colocation, cloud, dan penyedia layanan telekomunikasi. Indonesia kini menjadi pusat dari pertumbuhan pasar ini,” ucapnya.

Menurut Mordor Intelligence, pasar data center Indonesia diperkirakan akan tumbuh dengan CAGR sebesar 12,95 persen selama periode 2021 sampai 2026. 


Bagikan artikel ini