ETHICA Industri Farmasi Berkolaborasi Dengan IBM dan SAP


Ilustrasi Industri Farmasi

Ilustrasi Industri Farmasi

IBM baru-baru ini mengumumkan kemitraannya dengan SAP untuk membantu ETHICA meningkatkan efisiensi operasionalnya. Kolaborasi ini menandai perubahan besar bagi perusahaan farmasi Indonesia yang seiring dengan visi ETHICA untuk menciptakan produk berkualitas tinggi dan memberikan kontribusi positif pada ekosistem kesehatan di Indonesia.

Dalam upaya untuk menyederhanakan ekosistem TI dan meningkatkan core processes, ETHICA mengadopsi Rise with SAP, perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) lengkap yang didukung oleh SAP S/4 HANA Cloud. Ini dirancang untuk meningkatkan akurasi penghitungan harga produk, menyederhanakan manajemen gudang, dan membentuk dasar integrasi finansial untuk mendukung pelaporan internal dan eksternal.

Direktur ETHICA Industri Farmasi, Savira Tjan, mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah tonggak penting bagi perusahaan. Savira Tjan mengungkapkan " Kami mengharapkan adanya peningkatan secara signifikan dalam proses keuangan, manajemen inventaris, dan efisiensi operasional secara keseluruhan. Kolaborasi ini membantu kami lebih baik dalam mematuhi regulasi pemerintah untuk lama penyimpanan data dan memungkinkan kami dengan mudah memperbarui dan mengembangkannya untuk ekspansi masa depan."

Menurut Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia, implementasi Rise with SAP telah memungkinkan ETHICA mengintegrasikan, menjaga akurasi, dan memiliki akses data real-time di seluruh perusahaan. Andreas Diantoro mengatakan "Hal ini telah membentuk basis yang kuat untuk peningkatan kapasitas produksi dan mendorong inovasi. SAP bangga dapat membantu ETHICA mempercepat transformasi bisnis dan memperkuat kepemimpinannya di industri life science, khususnya pada produk injeksi steril."

IBM Consulting, sebagai mitra dalam proyek ini, juga menyatakan kebanggaannya. Managing Partner Indonesia, Deep Bhau, mengungkapkan bahwa metodologi dan pendekatan dari IBM Consulting telah sukses membantu ETHICA mematuhi regulasi, meraih return on investment (ROI) yang lebih cepat, dan mendukung komitmen dalam mengurangi sumber daya. "Dengan keahlian kami di industri life science, kami sangat bangga menjadi partner dalam membantu ETHICA dalam mendorong kinerja dan operasi berbasis data, yang merupakan dasar penting saat perusahaan bertekad untuk berjalan menuju industri 4.0. Kami berharap menjadi mitra jangka panjang ETHICA untuk percepatan transformasi digital," katanya.

Indonesia, sebagai salah satu pasar farmasi dengan pertumbuhan tercepat di Asia, memiliki nilai pasar sekitar 142 miliar rupiah pada tahun 2021, menjadikannya pasar farmasi terbesar di wilayah ASEAN. Kolaborasi antara ETHICA, IBM, dan SAP menjadi contoh terdepan dalam mendorong transformasi digital, membangun ketahanan, dan mengoptimalkan proses bisnis berkelanjutan di industri life science dalam negeri.

Dengan lebih dari 50 tahun pengalaman, IBM dan SAP telah membuktikan diri sebagai mitra dan co-inovator yang mampu membantu bisnis di berbagai sektor mewujudkan transformasi melalui hybrid cloud dan teknologi AI/kecerdasan buatan. Kemampuan untuk mengakses data secara real-time dan mengintegrasikan seluruh fungsi bisnis telah menjadi pendorong utama dalam kemajuan inovasi bisnis global.


Bagikan artikel ini