FTUI Gandeng TIBCO untuk Pelatihan Data Analytics Mahasiswa


Kerjasama TIBCO dan FTUI

Ilustrasi Kerjasama TIBCO dan FTUI

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melaksanakan kerja sama dengan TIBCO Software Inc. selama 3 tahun kedepan untuk mengembangkan keahlian mahasiswa Fakultas Teknik UI dalam teknologi ilmu data (data analytics science). Sebab, kebutuhan pengembangan keterampilan data analytics digunakan untuk mempersiapkan karir dibidang teknik, analisis data, manajemen, dan desain sistem. Hal tersebut juga merupakan kebutuhan mendasar di generasi mendatang. 

TIBCO Software Inc. sendiri merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam manajemen data yang berguna untuk menyatukan, menghubungkan, memprediksi dan menyelesaikan masalah data analytics yang kompleks. TIBCO pun mempunyai fitur yang unggul, yaitu two second advantage, kemampuan menangkap informasi paling cepat dan tepat, serta memberikan reaksi pada saat itu juga. 

TIBCO sebelumnya sudah bekerja sama dengan institusi pendidikan tinggi di Asia Pasifik, seperti Singapore Polytechnic, Nanyang Polytechnic, dan Institute of Technical Education di Singapura. Hal ini karena TIBCO Software Inc. memang mengincar pasar di Asia, terutama Indonesia, China, dan India sebab penggunaan internet dan telepon yang tinggi serta pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. 

General Manager, APJ, TIBCO, Nick Lim pada Selasa (8/9/2020) melalui keterangannya menyatakan bahwa kolbaorasi bersama FTUI merupakan misi penting dalam mengatasi kesenjangan bakat data di masa depan. Selain itu, Nick juga berharap kerja sama ini TIBCO dapat menyediakan teknologi yang mendorong pembelajaran di ruang kelas serta mempersiapkan tenaga kerja masa depan.

Melalui TIBCO Academic Alliance, TIBCO akan menyediakan teknologi guna mendorong dan mempersiapkan tenaga kerja di masa mendatang. Sebab, menurut World Economic Forum, "The Future of Jobs Report 2018", pada tahun 2022 adopsi mengenai big data analytics akan meningkat, seiring dengan kebutuhan tenaga kerja tersebut.

"TIBCO menyadari kebutuhan untuk memberdayakan mahasiswa dengan mengembangkan keterampilan data kritis mereka yang akan mempersiapkan mereka untuk karir yang bermakna dan produktif di bidang teknik, manajemen, analisis data, serta desain sistem," tambah Nick.

Kesempatan emas kepada lebih dari 500 mahasiswa di Program Studi Teknik Industri UI ini, digunakan untuk mengikuti pelatihan dengan software TIBCO Spotfire secara gratis melalui Aliansi Akademik TIBCO. Kerja sama TIBCO dan FTUI ini, nantinya akan terbuka untuk fakultas lainnya di Universitas Indonesia. 

“Dengan terjalinnya kerja sama ini, dapat memberikan kesempatan baik bagi para mahasiswa untuk berhadapan langsung dengan teknologi tepat guna sebagai pembelajaran, serta membangun kemampuan di bidang data science,"  ujar Kepala Departemen Teknik Industri FTUI, Dr. Ing. Amalia Suzianti S.T., M.Sc.