Gandeng Google Cloud, BRI Bantu Berdayakan UMKM


Bank BRI Logo

Ilustrasi Logo Bank BRI

 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan kerja sama dengan Google Cloud untuk memperkuat digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Selain itu, untuk memperluas jangkauan dan kapasitas layanan teknologi digital.

Kerja sama itu juga untuk meningkatkan kompetensi UMKM melalui pelatihan digital Google Academy (Youtube dan Google MyBusiness).

“Ini sebuah langkah maju dari transformasi digital Bank BRI. Kami memiliki kepedulian dan tanggung jawab dalam meningkatkan layanan kepada pelaku UMKM untuk go digital,“ ujar Direktur Digital dan Teknologi Informasi (TI) BRI, Indra Utoyo, dalam sesi virtual meeting bersama CEO Google Cloud, Thomas Kurian (01/07/2020).

Kerja sama itu memiliki tiga poin penting, pertama, ekonomi kerakyatan harus didorong melalui pemberdayaan UMKM di Indonesia dengan menggunakan high tech dan low tech. Pada poin ini, BRI akan fokus memperkuat merchant assessment melalui pemberdayaan data UMKM yang dimiliki Google di seluruh Indonesia.

Kedua, BRI akan menciptakan micropreneur baru melalui penyaluran KUR Digital. Selain itu, BRI juga akan meningkatkan eksposur dari KUR Digital untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan Google Ads dan memfokuskan penerapan KUR digital dengan teknologi Cloud dan Artificial Intelligence. 

Ketiga, kerja sama ini memberikan keunggulan bagi BRI dalam menciptakan Artificial Intelligence based Risk Management milik BRI. Melalui kerja sama ini, Bank BRI akan fokus dengan Artificial Intelligence BRI yaitu “BRIBRAIN”.

“Untuk masuk ke micro dan ultramicro, Kami perlu melakukan terobosan dalam penerapan Artificial Intelligence untuk Merchant Assessment, Credit Scoring, Product Recommendation dan Fraud Detection.  Kami harus dinamis, cepat, dan akurat,” ujar Indra Utoyo.

Kerja sama dengan Google Cloud juga memudahkan BRI dalam memperluas jangkauan layanan keuangan bagi UMKM, meningkatkan kompetensi UMKM, dan penyaluran produk keuangan UMKM. Selain itu, kerja sama ini juga meningkatkan leading financial indicator berupa Loan, Savings, Current Account Saving Account (CASA) dan Fee Based Income (FBI) bagi BRI.