Google Cloud bersama KPMG Dorong Penerapan Generative AI


Google Cloud

Google Cloud

Untuk membantu dan mendorong penerapan generative artificial intelligence (AI) di berbagai sektor industri, KPMG dan Google Cloud mengumumkan perluasan kemitraannya.

Kolaborasi ini akan memadukan keahlian KPMG di bidang transformasi cloud, data analytics, dan artificial intelligence (AI) dengan infrastruktur teknologi dan kemampuan generative AI milik Google Cloud. 

Tujuan kemitraan ini, menurut CEO Google Cloud, Thomas Kurian, adalah mengembangan cara-cara penerapan generative AI yang praktis dan sesuai kebutuhan nyata di industri sehingga perusahaan dari berbagai sektor industri dapat menciptakan nilai tambah bagi para pelanggannya.

Selain itu, aplikasi generative AI juga diharapkan akan membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang berdasarkan data. 

“Melalui perluasan aliansi kami dengan KPMG, kami akan mempercepat penerapan generative AI dari Google Cloud di seluruh organisasi terbesar di dunia, membantu mereka memberikan inovasi dan memberdayakan karyawan, menciptakan lebih banyak nilai dari data, dan banyak lagi,” ujar Thomas Kurian seperti dikutip dari Venture Beat, Rabu (10/5). 

Sebagai langkah awal, kedua perusahaan akan membidik klien dari sektor keuangan, kesehatan, dan retail karena ketiganya ini dipandang sebagai sektor yang paling terdampak oleh generative AI. 

Di tengah upaya akselerasi transformasi dan inovasi digital, kolaborasi ini akan membekali klien KPMG maupun Google Cloud dengan tool dan keahlian yang dibutuhkan untuk sepenuhnya memanfaatkan generative AI sesuai strategi transformasi bisnis mereka dan merevolusi aktivitas operasioal perusahaan. 

Aliansi ini merupakan perluasan kolaborasi KPMG dan Google Cloud. Sebelumnya, kedua perusahaan telah berkerja sama dalam mengimplementasikan conversational AI berbasis cloud di HSBC, menyediakan prediksi medis yang kritis dari data real time untuk unit perawatan intensif (ICU), dan menerapkan 360-degree customer view berbasis advanced analytics di sebuah perusahaan asuransi jiwa berskala global.


Bagikan artikel ini