Google Cloud Platform Region Jakarta Meluncur


Google Cloud Platform

Google secara resmi meluncurkan layanan Google Cloud Platform (GCP) region Jakarta pada Rabu 24 Juni 2020 secara online. Menurut CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai, region di Jakarta ini akan lebih mempermudah dan mempercepat perusahaan besar atau kecil dalam memanfaatkan layanan Artificial Intelligence dan Data Analytics dari Google.

"Saya sangat menantikan bagaimana region Jakarta ini akan menggunakan Google Cloud untuk membangun bisnis baru dan menyingkap peluang baru untuk masyarakat di Indonesia dan di seluruh dunia," kata Sundar Pichai melalui virtual meeting peluncuran Google Cloud Platform.

Sundar Pichai menambahkan, tidak peduli ukuran perusahaan pelanggan dan di industri apapun, Google Cloud hadir di Indonesia untuk mendukung transformasi digital dengan teknologi yang sama yang memberdayakan produk Google seperti Google Search dan Gmail.

Kehadiran GCP region Jakarta ini disambut baik oleh Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang juga hadir dalam virtual meeting tersebut. Menurutya, Indonesia saat ini tengah melakukan percepatan transformasi digital menuju masyarakat digital.

"Kehadiran Google Cloud tentu akan menjadi bagian penting dalam penguatan dan pengembangan teknologi berbasis digital di Indonesia. Pemerintah Indonesia berharap kehadiran pusat data ini dapat turut memperkokoh keamanan dan privasi data, meningkatkan kemajuan ekonomi digital, dan di saat bersamaan juga mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital seperti Data Analytics, Artificial Intelligence, Machine Learning, dan sebagainya," ucap Johnny G. Plate.

Menurut Thomas Kurian, CEO Google Cloud, misi GCP adalah membantu mempercepat transformasi dengan menerapkan teknologi digital. GCP menyediakan infrastruktur, platform dan berbagai solusi lainnya untuk membantu transformasi digital.

"Dengan peluncuran ini, kini kami aktif di 24 wilayah di seluruh dunia dan 73 zona. Kami tak hanya meluncurkan wilayah cloud baru, kami juga berkomitmen lebih banyak hari ini untuk membantu mengembangkan bakat yang penting bagi perjalanan transformasi digital di Indonesia," jelas Thomas Kurian.

Google juga memberikan bantuan untuk menyiapkan sumber daya manusia di Indonesia, mereka memberikan 150.000 labotarium pelatihan langsung tahun ini di Indonesia, dengan memberikan akses gratis ke sesi pelatihan GCP, kredit pemakaian dan berbagai inisiatif lain untuk membantu masyarakat indonesia memiliki sertifikasi dari Google.

Berbagai layanan GCP yang hadir di Indonesia antara lain adalah Compute Engine, Google Kubernetes, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloug Bigtable, BigQuery dsbnya.


Bagikan artikel ini