Google Chrome Perkenalkan Fitur Baru, Apa itu?


Google

Google

Google mengumumkan serangkaian fitur baru yang akan segera hadir di Chrome, menawarkan pengguna kontrol yang lebih baik terhadap keamanan dan kinerja saat menjelajah internet. Rilis ini termasuk pembaruan pada Pemeriksaan Keamanan dan inovasi pada pengelolaan tab.

Fitur Pemeriksaan Keamanan untuk Chrome di desktop sekarang akan berjalan otomatis di latar belakang, memberikan peringatan proaktif jika terjadi penyusupan terhadap kata sandi di Chrome, potensi ekstensi berbahaya, penggunaan versi Chrome yang tidak terbaru, atau izin situs yang memerlukan perhatian. “Peringatan ini akan muncul di menu tiga titik di Chrome sehingga Anda dapat mengambil tindakan,” tulis Google dalam pengumumannya di blog resmi Google, dikutip Jumat, 22 Desember 2023.

Selanjutnya, Pemeriksaan Keamanan di Chrome akan secara otomatis mencabut izin akses lokasi atau mikrofon jika pengguna tidak mengunjungi situs tertentu dalam jangka waktu yang lama, meningkatkan kontrol keamanan pengguna secara keseluruhan.

Dalam aspek kinerja, Google memperluas kontrol kinerja dengan memberikan detail lebih lanjut tentang penggunaan memori tab saat tidak aktif dalam mode Penghemat Memori. Fitur ini membantu pengguna memahami dan mengelola penggunaan memori Chrome secara lebih efisien.

Puncaknya, Google akan menyajikan fitur yang sangat dinantikan: kemampuan untuk menyimpan grup tab di Chrome desktop. Dengan ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses grup tab mereka di perangkat desktop lain dan melanjutkan proyek tanpa kehilangan kerangka kerja.

Google menyatakan bahwa fitur-fitur baru ini akan didukung oleh model AI baru mereka, Gemini, yang akan memberikan pengalaman menggunakan Chrome yang lebih cerdas dan bermanfaat. “Kami akan menghadirkan fitur yang lebih cerdas dan bermanfaat ke Chrome awal tahun depan yang didukung oleh model AI baru kami, Gemini,” tutupnya. Rilis ini dijadwalkan untuk awal tahun depan, menjanjikan peningkatan signifikan dalam pengalaman menjelajah menggunakan browser populer ini.


Bagikan artikel ini